Endang, K. Trijanto (2010) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN DI DKI JAKARTA DENGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.
| PDF - Published Version 195Kb |
Official URL: http://mli.undip.ac.id
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menginformasikan penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam pembelajaran bahasa Jerman, baik di tingkat SLTA di DKI-Jakarta, mau pun di Jurusan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pada awalnya penerapan PTK tidak secara eksplisit dinyatakan sebagai PTK dengan perspektif etnografis, namun karena khusus diterapkan di DKI-Jakarta menjadikan PTK yang telah dilaksanakan tersebut dikelompokkan ke dalam penelitian etnografis. Beberapa hasil penelitian dengan PTK di DKI-Jakarta dihimpun dan dilaporkan dalam tulisan ini. Acuan pendekatan yang diterapkan adalah konstruktivisme, dengan berbagai strategi pembelajaran di antaranya Lernerautonomie. Hal itu dilakukan untuk melatih pembelajar agar terbiasa bekerja mandiri dalam mengantisipasi budaya DKI-Jakarta, jadi pembelajar baik di SLTA mau pun di UNJ sudah dibiasakan untuk berani serta bertanggung jawab pada kegiatan belajar mengajar yang dihadapi mereka
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | budaya DKI-Jakarta, belajar mandiri. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics L Education > L Education (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 37002 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 Nov 2012 12:21 |
Last Modified: | 19 Nov 2012 12:21 |
Repository Staff Only: item control page