COMMON MISTAKES DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SKRIPSI MAHASISWA UNY (Sebuah Kajian Semantis)

Dwiyanto , Djoko Pranowo (2010) COMMON MISTAKES DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SKRIPSI MAHASISWA UNY (Sebuah Kajian Semantis). In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
201Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penelitian tindakan menghubungkan secara erat antara teori, praktek, dan perubahan. Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah tindakan penelitian itu sendiri. Hubungan antara teori dan praktik tidak sekadar teknis atau instrumental. PTK berkaitan dengan peningkatan praktik pendidikan, pemahaman, dan situasi. Salah satu perbedaan utama antara penelitian tindakan dan pendekatan kualitatif adalah dalam hal pragmatis; orientasi praktis sebagai motivasi utama PTK . Penelitian tindakan menggunakan paradigma kuantitatif dengan memanfaatkan berbagai metode termasuk metode eksperimental dan deskriptif. Dari pengalaman membimbing dan menguji skripsi, penulis sering menemukan miskonsepsi dalam aplikasi konsep dasar PTK di atas dikalangan mahasiswa. Miskonsepsi tersebut muncul sejak dari judul penelitian, rumusan masalah, hipotesis tindakan hingga kesimpulan. Oleh karena itu, dalam makalah ini penulis ingin mengidentifikasi berbagai common mistakes yang terjadi pada skripsi mahasiswa yang menggunakan metode PTK. Dengan menggunakan analisis semantis terhadap dokumen skripsi diharapkan dapat memberi sumbangan terhadap pemahaman yang benar tentang penelitian tindakan kelas

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords:common mistakes, PTK, miskonsepsi
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:37001
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2012 12:09
Last Modified:19 Nov 2012 12:09

Repository Staff Only: item control page