PERILAKU VERBAL DOSEN DENGAN MAHASISWA ASING DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Eva, Ardiana Indrariani (2010) PERILAKU VERBAL DOSEN DENGAN MAHASISWA ASING DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
375Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Kajian bahasa Indonesia untuk penutur asing merupakan bidang yang belum banyak digarap secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku verbal antara dosen dengan mahasiswa asing dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Undip Semarang pada semester gasal 2008/2009. Dalam penelitian ini dijumpai enam bahasa selain bahasa Indonesia yang digunakan dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu bahasa Inggris, Perancis, Arab, Cina, Myanmar, dan Jawa. Bahasa Inggris digunakan untuk membantu pemahaman bahasa Indonesia mahasiswa asing (pengungkapan maksud). Bahasa Prancis digunakan untuk pemberian contoh. Bahasa Arab dan bahasa Myanmar digunakan untuk tanya jawab suatu konsep. Bahasa Cina digunakan untuk menjelaskan salah satu budaya Cina yang hidup di Indonesia. Bahasa Jawa digunakan untuk menjelaskan arti kata/nama dari suku Jawa dan mengungkapkan emosi. Secara kuantitatif, penggunaan bahasa Inggris lebih menonjol dibandingkan dengan penggunaan bahasa yang lain. Hal ini terutama dijumpai pada perilaku verbal Dosen Dua dan Dosen Tiga. Berdasarkan pemunculan inisiasi (I), reinisiasi (Ri), tanggapan (T), dan balikan (B), terdapat sepuluh pola yaitu pola [I], pola [I-Ri], pola [I-Ri-T], pola [I-Ri-T-B], pola [I-Ri-T-B-T], pola [I-T], pola [I-T-B], pola [I-T-B/I], pola [I-T-B-T], dan pola [I-T-B-T-B]. Pola yang paling banyak dijumpai adalah pola [I-T-B]. Berdasarkan empat kriteria (yaitu pemunculan inisiasi, penggunaan kesempatan berbicara, pergantian berbicara, dan banyaknya tuturan) terlihat bahwa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia, peranan dosen sangat menonjol

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords:perilaku verbal, dosen, mahasiswa asing, interaksi pembelajaran, bahasa Indonesia.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:37000
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2012 12:03
Last Modified:19 Nov 2012 12:03

Repository Staff Only: item control page