SUPERVISI KLINIS SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS III DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI GUGUS CUT NYA DIEN KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES

Salimudin, Salimudin (2010) SUPERVISI KLINIS SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS III DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI GUGUS CUT NYA DIEN KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES. In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
292Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangi hasil supervisi akademik Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010 terhadap 36 guru kelas rendah di 12 sekolah binaan dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik masih rendah. Hal ini disebabkan (1) kurangnya dampingan dan bimbingan dari pengawas sekolah, (2) pelaksanaan supervisi akademik belum menggunakan teknik supervisi yang sesuai, (3) rendahnya pemahaman guru dalam menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, (4) rendahnya guru dalam mengembangkan jaringan tema, dan (5) dalam mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran tidak diawali dengan pemetaan kompetensi dasar. Masalah yang diteliti adalah rendahnya kemampuan guru dalam pembelajaran tematik di kelas III.dan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan guru kelas III dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus mengacu pada tujuan dan permasalahan penelitian. Tindakan pada siklus 2 tergantung dari hasil refleksi pada siklus sebelumnya dan seterusnya sampai tercapai tujuan yang diharapkan. Hasil penelitian ini ternyata menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada kemampuan guru kelas III dalam pembelajaran tematik, yaitu dari 41,3 atau 58,8 % kategori cukup pada siklus 1 menjadi 55,7 atau 78,4 % pada siklus 2. Dengan demikian, ada peningkatan sebesar 13,8 atau 19,6 %. Pelaksanaan supervisi dengan teknik supervisi klinis mengubah pandangan guru dari merasa takut ketika akan disupervisi menjadi merasa senang dan nyaman karena supervisi klinis bertujuan memberikan layanan dan bantuan

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords:supervisi klinis, pembelajaran tematik
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:36999
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2012 11:57
Last Modified:19 Nov 2012 11:57

Repository Staff Only: item control page