Diyas, Puspandari (2010) MODEL DAN DESAIN PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA. In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.
| PDF - Published Version 9Mb |
Official URL: http://mli.undip.ac.id
Abstract
Tulisan ini menawarkan beberapa model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara meliputi model diskusi kelompok (MDK), model debat (MDeb), model presentasi kelompok (MPK), dan model seminar-forum (MSF). Selain menawarkan model-model pembelajaran, tulisan ini juga memaparkan penerapan salah satu model di atas lengkap dengan desainnya, yaitu model seminar-forum melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa tingkat I Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Telkom. Sampel penelitian ini dipilih secara purposif, yaitu kelas yang pada saat penelitian dilaksanakan sedang mendapat mata kuliah Bahasa Indonesia dan sedang diasuh oleh dosen yang bersangkutan. Berdasarkan pada hasil analisis data, keterampilan berbicara mahasiswa tergolong rendah hal ini terlihat pada siklus awal, sedangkan pada siklus akhir telah terjadi peningkatan penguasaan keterampilan berbicara, baik dari aspek kebahasaan maupun aspek nonkebahasaan
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berbicara, model pembelajaran, PTK |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 36998 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 Nov 2012 11:54 |
Last Modified: | 19 Nov 2012 11:54 |
Repository Staff Only: item control page