MENINGKATKAN KOHERENSI TULISAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN TEMA (THEMATIC PROGRESSION)

Sri, Mulatsih (2010) MENINGKATKAN KOHERENSI TULISAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN TEMA (THEMATIC PROGRESSION). In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
280Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada kuliah Writing dengan menerapkan pola pengembangan tema (thematic progression) untuk mengetahui apakah pola pengembangan tema (thematic progression) dapat meningkatkan koherensi tulisan bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tindakan kelas tentang bagaimana menulis teks bahasa Inggris dengan menerapkan pola pengembangan tema dan memberikan tes 4 (empat) kali dalam 3 (tiga) siklus. Siklus pertama dilakukan dengan menerapkan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan ini dilakukan sampai dengan tiga siklus sampai mahasiswa benar-benar dapat menulis paragraf bahasa Inggris dengan koherensi yang baik. Hal ini dilakukan juga untuk mengetahui apakah pola pengembangan tema ini cukup efektif untuk meningkatkan koherensi tulisan bahasa Inggris mahasiswa. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes tulisan mahasiswa. Hasil tes diambil dengan cara meminta mahasiswa untuk menulis teks bahasa Inggris dengan menerapkan pola pengembangan tema (thematic progression). Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis uji beda sampel berpasangan (paired-sample T test). Hasil menunjukkan bahwa pola pengembangan tema (thematic progression) efektif dalam meningkatkan koherensi paragraf bahasa Inggris mahasiswa. Hal ini terbukti dari beda skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa terutama pada perbandingan skor rata-rata pada tes pertama (T1) sampai dengan tes keempat (T4). Skor rata-rata untuk tes pertama adalah 60,5. Pada tes kedua (akhir siklus pertama), skor rata-rata mengalami kenaikan sebesar 5 poin sehingga skor rata-rata untuk tes kedua adalah 65,5. Pada tes ketiga (akhir siklus kedua), skor rata-rata mengalami kenaikan sebesar 5,2 poin sehingga skor rata-rata untuk tes ketiga menjadi 70,7. Pada tes keempat (akhir siklus ketiga), skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 6,9 poin yang kemudian menyebabkan skor rata-rata untuk tes keempat adalah 77,6. Dari kenaikan skor rata-rata dari T1 sampai T4 menunjukkan bahwa pola pengembangan tema sangat signifikan dalam menaikkan koherensi tulisan bahasa Inggris mahasiswa. Hasil juga menunjukkan bahwa pola pengembangan tema (thematic progression) yang sering digunakan mahasiswa dalam menulis teks bahasa Inggris adalah pola konstan (constant pattern) dan pola zig-zag (zig-zag pattern). Pola konstan sering digunakan oleh mahasiswa karena pola ini diterapkan hanya dengan mengambil tema pada klausa sebelumnya

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords:koherensi, penelitian tindakan kelas, pola pengembangan tema, teks
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:36997
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2012 11:31
Last Modified:19 Nov 2012 11:31

Repository Staff Only: item control page