BAHASA JAWA GAYA PRANATACARA: REFLEKSI KEAGUNGAN DAN KEINDAHAN BAHASA

Sugeng , Purwanto (2010) BAHASA JAWA GAYA PRANATACARA: REFLEKSI KEAGUNGAN DAN KEINDAHAN BAHASA. In: Seminar Nasional Pemertahanan Bahasa Nusantara, 6 Mei 2010, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
141Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Makalah ini mengkaji bahasa Jawa gaya pranatacara dari sudut keagungan dan keindahan dengan menggunakan ancangan Appraisal dalam linguistik sistemik fungsional. Keagungan bermakna bahwa gaya bahasa semacam itu hanya dipakai dalam konteks situasi tertentu, sehingga menimbulkan register tertentu yang menjadi basis pelaku wacana dalam melakukan pemilihan leksikon dan elemen grammatika yang sangat berbeda dengan bahasa Jawa yang digunakan sebagai lingua franca. Dari segi keindahan bahasa, bahasa Jawa gaya pranatacara sangat melodis dan puitis sehingga menunjukkan kekhasan yang sangat berbeda dari bahasa Jawa yang kita pakai sehari-hari. Dalam makalah ini kecuali dibicarakan landasan filosofis mengapa bahasa Jawa gaya pranatacara layak dipertahankan sebagai salah satu indentitas budaya Jawa, juga sampel analisis appraisal beberapa segmentasi teks pranatacara, tujuan komunikatif pranatacara, struktur generik dan fitur linguistik yang dominan dan dalam genre pranatacara .

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords:Linguistik sistemik fungsional, register, genre, appraisal, tujuan komunikatif, struktur generik, fitur linguistis.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:36924
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Nov 2012 11:51
Last Modified:14 Nov 2012 11:51

Repository Staff Only: item control page