Ashari , Hidayat (2010) ISTILAH KHAS DALAM WACANA IKLAN PERDUKUNAN. In: Seminar Nasional Pemertahanan Bahasa Nusantara, 6 Mei 2010, Hotel Pandanaran Semarang.
| PDF - Published Version 134Kb |
Official URL: http://mli.undip.ac.id
Abstract
Wacana iklan perdukunan mengandung sejumlah istilah khas yang merepresentasikan latar belakang sosiokultural dukun sebagai penuturnya. Istilah khas wacana iklan perdukunan merupakan salah satu bentuk register yang dipakai oleh praktisi pengobatan tradisional. Ditinjau dari segi pembentukannya, istilah khas perdukunan berasal dari bahasa Indonesia, Jawa, Arab, maupun Inggris. Kajian terhadap istilah khas iklan wacana iklan perdukunan ini mempergunakan pendekatan sosiolinguistis. Dari klasifikasi asal, wujud, dan fungsi istilah diketahui bahwa pemakaian istilah khas wacana iklan perdukunan dimaksudkan untuk membangun daya persuasif sehingga calon konsumen atau lawan tutur tertarik mempergunakan barang atau jasa perdukunan yang ditawarkan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | istilah khas, wacana iklan, register |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 36923 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 14 Nov 2012 11:51 |
Last Modified: | 14 Nov 2012 11:51 |
Repository Staff Only: item control page