Swany , Chiakrawati (2010) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING MELALUI PENDEKATAN SELF-REGULATED LEARNING. In: Seminar Nasional Pemertahanan Bahasa Nusantara, 6 Mei 2010, Hotel Pandanaran Semarang.
| PDF - Published Version 146Kb |
Official URL: http://mli.undip.ac.id
Abstract
Dewasa ini, bahasa Indonesia sebenarnya banyak dipelajari oleh orang asing. Para tenaga ahli berwarga negara asing yang sering disebut ekspatriat berusaha keras mempelajari bahasa Indonesia. Mahasiswa di negara lain juga banyak yang menunjukkan minat terhadap bahasa Indonesia dengan mempelajarinya sebagai bahasa asing kedua, sesudah bahasa Inggris. Merupakan suatu kebanggaan apabila bisa mengajarkan bahasa Indonesia ke penutur asing, serta mengikuti perkembangan kemampuan mereka dari nol hingga lancar berbahasa Indonesia. Kenyataan ironis yang sering terjadi adalah kemampuan penutur asing berbahasa Indonesia yang baik dan benar, melebihi kemampuan orang Indonesia. Sejauh mana penutur asing mampu berbahasa Indonesia tidak terlepas dari metode pengajaran bahasa Indonesia yang diterapkan oleh pengajar sendiri pada saat mengajarkan bahasa Indonesia. Metode self-regulated learning sebagai bentuk pembelajaran mandiri yang diperkenalkan oleh Zimmerman, merupakan salah satu metode yang cukup efektif saat diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing. Sebagai salah satu terminologi psikologi pendidikan, self- regulated learning menjadi metode yang sangat berperan dalam proses belajar, termasuk belajar dan menguasai suatu bahasa tertentu
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-regulated learning, pengajaran bahasa |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 36910 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 14 Nov 2012 11:11 |
Last Modified: | 14 Nov 2012 11:11 |
Repository Staff Only: item control page