BAHASA JAWA SEMAKIN MEROSOT: SIAPA TAKUT?

J. Herudjati, Purwoko (2010) BAHASA JAWA SEMAKIN MEROSOT: SIAPA TAKUT? In: Seminar Nasional Pemertahanan Bahasa Nusantara, 6 Mei 2010, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
631Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Berdasarkan pada pertimbangan linguistik normatif, banyak pengamat dan ahli linguistik berpendapat bahwa bahasa Jawa merosot sehingga perlu dilakukan perawatan atau pemertahanan bahasa (language maintenance). Namun, dari segi etnografi komunikasi, kemerosotan bahasa (language usage) sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh faktor linguistik semata melainkan juga oleh faktor kebijakan sosial, politik dan budaya terhadap penggunaan bahasa (language use) di kawasan di mana bahasa itu masih digunakan oleh para penuturnya. Pada umumnya, kemerosotan bahasa dikaitkan dengan kompetensi penutur-aslinya. Dalam kasus bahasa Jawa, para penutur-aslinya relatif masih memiliki kompetensi produktif yang baik sewaktu menggunakan varitas ngoko, tetapi cenderung memiliki kompetensi produktif yang kurang, meskipun masih memiliki kompetensi reseptif yang lumayan baik, sewaktu menggunakan varitas basa. Hal ini disebabkan oleh peran bahasa Indonesia yang begitu dominan di hampir semua ranah. Makalah ini menganjurkan agar fokus pemertahanan bahasa Jawa diberikan kepada varitas ngoko, dari pada varitas basa, meskipun anjuran ini akan mengundang kontroversi karena tidak sedikit penutur-asli bahasa Jawa yang masih memiliki sikap (attitude) tradisional terhadap penggunaan varitas basa meskipun, dari segi fungsi sosial, jelas-jelas sudah tidak populer lagi.

Item Type:Conference or Workshop Item (Keynote)
Uncontrolled Keywords:language use, language usage, language maintenance, linguistic competence, Javanese language, ngoko speech code, basa speech code
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Linguistic
ID Code:36869
Deposited By:Mr Ahlis Ahwan
Deposited On:13 Nov 2012 14:15
Last Modified:14 Nov 2012 10:29

Repository Staff Only: item control page