J. Herudjati, Purwoko (2010) TEORI DAN PRAKTIK MENGAJAR BAHASA INGGRIS: SPEAKING ABILITY. In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.
| PDF - Published Version 162Kb |
Official URL: http://mli.undip.ac.id
Abstract
Makalah ini ditulis untuk tujuan praktis bagi mereka yang terlibat langsung maupun yang tertarik pada pengajaran bahasa kedua atau asing di ruang-kelas. Teori mengajar bahasa yang digunakan sebagai pedoman bagi proses pengajaran di ruang-kelas memang diambil dari literatur pengajaran bahasa Inggris namun, sebenarnya, teori itu bisa digunakan untuk mengajar bahasa kedua dan/atau asing apa pun, termasuk, misalnya: pengajaran Bahasa Indonesia untuk orang asing. Pada kesempatan ini, focus diskusi diarahkan untuk membicarakan proses mengajar sebagai aneka tindakan nyata yang dilaksanakan di ruang-kelas oleh baik pengajar maupun para pelajar. Agar proses mengajar tampak konkrit, penulis terpaksa memilih salah satu âkebolehanâ (ability) yang pasti diajarkan di ruang-kelas bahasa mana pun. Dari segi linguistik edukasional, tujuan primer paling umum dari proses belajar bahasa kedua dan/atau asing adalah untuk âberbicara dalam bahasa targetâ. Oleh sebab itu, speaking ability dipilih sebagai topik sentral dari makalah ini.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Keynote) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 36866 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 13 Nov 2012 13:20 |
Last Modified: | 14 Nov 2012 15:18 |
Repository Staff Only: item control page