TEORI DAN PRAKTIK MENGAJAR BAHASA INGGRIS: €œSPEAKING ABILITY€

J. Herudjati, Purwoko (2010) TEORI DAN PRAKTIK MENGAJAR BAHASA INGGRIS: €œSPEAKING ABILITY€. In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
162Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Makalah ini ditulis untuk tujuan praktis bagi mereka yang terlibat langsung maupun yang tertarik pada pengajaran bahasa kedua atau asing di ruang-kelas. Teori mengajar bahasa yang digunakan sebagai pedoman bagi proses pengajaran di ruang-kelas memang diambil dari literatur pengajaran bahasa Inggris namun, sebenarnya, teori itu bisa digunakan untuk mengajar bahasa kedua dan/atau asing apa pun, termasuk, misalnya: pengajaran Bahasa Indonesia untuk orang asing. Pada kesempatan ini, focus diskusi diarahkan untuk membicarakan proses mengajar sebagai aneka tindakan nyata yang dilaksanakan di ruang-kelas oleh baik pengajar maupun para pelajar. Agar proses mengajar tampak konkrit, penulis terpaksa memilih salah satu “kebolehan” (ability) yang pasti diajarkan di ruang-kelas bahasa mana pun. Dari segi linguistik edukasional, tujuan primer paling umum dari proses belajar bahasa kedua dan/atau asing adalah untuk “berbicara dalam bahasa target”. Oleh sebab itu, speaking ability dipilih sebagai topik sentral dari makalah ini.

Item Type:Conference or Workshop Item (Keynote)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:36866
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Nov 2012 13:20
Last Modified:14 Nov 2012 15:18

Repository Staff Only: item control page