ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERATAAN LABA (Studi pada Perusahaan Sektor Non Keuangan dan Perbankan yang Go Public di BEI tahun 2004 sampai dengan tahun 2008)

KHASANA, Etista Widya (2011) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERATAAN LABA (Studi pada Perusahaan Sektor Non Keuangan dan Perbankan yang Go Public di BEI tahun 2004 sampai dengan tahun 2008). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

444Kb

Abstract

Praktik perataan laba merupakan fenomena yang umum terjadi sebagai usaha manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan. Tindakan ini menyebabkan pengungkapan informasi mengenai penghasilan laba menjadi menyesatkan. Hal ini menunjukkan bahwa laba adalah sesuatu yang paling dipertimbangkan oleh investor untuk mengambil keputusan apakah akan melakukan investasi atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel independen yaitu profitabilitas, devidend payout ratio, ukuran perusahaan, leverage dan struktur kepemilikan oleh publik terhadap tindakan perataan laba perusahaan go public pada sektor non keuangan dan perbankan di Bursa Efek Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kecenderungan laba yang stabil dan cenderung meningkat serta adanya gap antara satu peneliti dengan penelitian yang lainnya. Periode pada penelitian ini adalah pada tahun 2004 sampai dengan 2008. Besar sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan go public pada sektor non keuangan dan perbankan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan uji logistic regression. Hasil yang diperoleh adalah profitabilitas tidak terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perataan laba. DPR dan Ukuran perusahaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perataan laba. Leverage tidak terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap tindakan perataan laba. Kepemilikan saham oleh publik terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perataan laba. Besar variasi tindakan perataan laba yang dapat diterangkan oleh variasi variabel return on asset (ROA), dividend payout ratio (DPR), ukuran (size), debt to equity ratio (DER) dan kepemilikan saham publik sebesar 32,3 persen, sedangkan sisanya sebesar 67,7 persen dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36803
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:07 Nov 2012 09:47
Last Modified:07 Nov 2012 09:47

Repository Staff Only: item control page