ANALISIS PENGARUH ROA, CURRENT RATIO, DER, DAN TATO TERHADAP RETURN SAHAM Perbandingan pada Perusahaan Manufaktur yang Masuk LQ 45 dan Perusahaan Manufaktur yang Tidak Masuk LQ 45 yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2006-2009

YONATHAN, Albertus D (2011) ANALISIS PENGARUH ROA, CURRENT RATIO, DER, DAN TATO TERHADAP RETURN SAHAM Perbandingan pada Perusahaan Manufaktur yang Masuk LQ 45 dan Perusahaan Manufaktur yang Tidak Masuk LQ 45 yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2006-2009. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

56Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

256Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

365Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel return on asset, current ratio, debt to equity ratio (DER) dan Total Asset Turnover (TATO), terhadap Return saham pada perusahaan LQ 45 dan non LQ 45 yang listed di BEI periode 2006-2009. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: perusahaan yang selalu menyajikan laporan keuangan per Desember 2006-2009,. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2010). Diperoleh jumlah sampel sebanyak 55 perusahaan dari 153 perusahaan yang terdaftar di BEI. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Sedangkan untuk menguji perbedaan pengaruh return on asset, current ratio, debt to equity ratio (DER) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap return saham pada perusahaan LQ 45 dan non LQ 45 digunakan chow test.. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian tidak ditemukan ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa hanya ROA dan DER, secara parsial signifikan terhadap return saham perusahaan LQ 45 di BEI periode 2006-2009 pada level of significance kurang dari 5%, sedangkan hanya DER yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan non LQ 45 dengan level of significance lebih kecil dari 5%.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36795
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:06 Nov 2012 09:11
Last Modified:06 Nov 2012 09:11

Repository Staff Only: item control page