Pengaruh Tunjangan Jabatan Fungsional Pustakawan dan Batas Usia Pensiun Terhadap Motivasi Petugas Perpustakaan Untuk Menjadi Pustakawan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Diponegoro

Widanarta, Dian and Rohmiyati, Yuli (2011) Pengaruh Tunjangan Jabatan Fungsional Pustakawan dan Batas Usia Pensiun Terhadap Motivasi Petugas Perpustakaan Untuk Menjadi Pustakawan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Faculty of Humanities.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
1419Kb

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa masih banyak petugas perpustakaan yang belum menjadi pejabat fungsional pustakawan dan rendahnya minat masyarakat untuk menjadi pustakawan. Jika tunjangan jabatan fungsional pustakawan dan batas usia pensiun yang lebih lama dianggap bernilai lebih, tentu saja para petugas perpustakaan akan termotivasi untuk menjadi pustakawan. Untuk mendapatkan jawaban tersebut penulis mengadakan penelitian terhadap para petugas perpustakaan non pustakawan dan pustakawan di lingkungan UPT Perpustakaan Undip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sehingga data yang dihasilkan dapat diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik. Rumus yang digunakan adalah Korelasi Product Moment, Korelasi Ganda dan Uji Signifikansi F. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner, dan studi pustaka. Dari hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara hasil analisis untuk pustakawan dan non pustakawan, yaitu : 1. Untuk pustakawan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tunjangan jabatan fungsional pustakawan dan batas usia pensiun terhadap motivasi menjadi pustakawan. Hal ini dibuktikan oleh nilai korelasi ganda (R) sebesar 0,735 dan nilai F hitung sebesar 9,418 dengan sig sebesar 0,002. Dimana nilai F hitung (9,418) > F tabel (3,63) dan nilai sig (0,002) < 0,05, yang berarti signifikan. 2. Untuk non pustakawan, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tunjangan jabatan fungsional pustakawan dan batas usia pensiun terhadap motivasi menjadi pustakawan. Hal ini dibuktikan oleh nilai korelasi ganda (R) sebesar 0,418 dan nilai F hitung sebesar 1,166 dengan sig sebesar 0,347. Dimana nilai F hitung (1,166) < F tabel (3,98) dan nilai sig (0,347) > 0,05, yang berarti tidak signifikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:tunjangan jabatan fungsional pustakawan, batas usia pensiun, motivasi menjadi pustakawan
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:36762
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:05 Nov 2012 14:25
Last Modified:13 Feb 2013 08:34

Repository Staff Only: item control page