ANALISIS PENGARUHWORKING CAPITAL TO TOTAL ASSETS RATIO, TOTAL DEBT TO TOTAL CAPITAL ASSETS, TOTAL ASSETS TURNOVER,GROSS PROFIT MARGIN DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PERUBAHAN LABA (Study KasusPada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2005-2009)

SALSIYAH, Sri Marhaeni (2011) ANALISIS PENGARUHWORKING CAPITAL TO TOTAL ASSETS RATIO, TOTAL DEBT TO TOTAL CAPITAL ASSETS, TOTAL ASSETS TURNOVER,GROSS PROFIT MARGIN DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PERUBAHAN LABA (Study KasusPada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2005-2009). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

986Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh working capital to total assets ratio, total debt to total capital assets, total assets turnover, gross profitmargin,netprofitmargin terhadap perubahan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2004-2009. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kriteria dalam pengambilan sampel adalah: (1) perusahaan manufaktur yang selalu terdaftar di Busa Efek Indonesia selama periode tahun 20042009, (2) perusahaan yang secara rutin menyajikan data lengkap dan mempublikasikan laporan keuangan secara berturut-turut selama tahun 2004-2009 dan (3) perusahaan yang mendapatkan laba (earning after tax) tidak negatif berturut-turut selama tahun 2004-2009. Dari kriteria tersebut diperoleh sampel sebanyak 41 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Pengujian secara parsial untuk masing-masing variabel independen menggunakan t-statistik, dan secara simultan menggunakan, F-statistikdengan tingkat signifikansi5% Hasil analisis data menunjukkan bahwa data yang digunakan dalam penelitian ini memenuhi asumsi klasik yaitu terdistribusi secara normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terdapat autokorelasi dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Dari hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan pengaruh WCTAR,TDTCA,TAT,GPM dan NPM terhadap perubahan laba sebesar 30,3%, secara parsial GPM dan NPM berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan laba, TDTCA berpengaruh negatif signifikan terhadap perubahan laba. Sementara WCTAR dan TAT berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap perubahan laba.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36656
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:03 Nov 2012 10:35
Last Modified:03 Nov 2012 10:35

Repository Staff Only: item control page