IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN CRISP-DM PADA SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI JAWA TENGAH

Purnama, Indra and Saputra, Ragil and Wibowo, Adi IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN CRISP-DM PADA SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI JAWA TENGAH. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer UNDIP 2012 .

[img]
Preview
PDF - Published Version
[img]
Preview
PDF
263Kb

Abstract

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah sebagai pengelola data produksi perikanan budidaya tingkat provinsi, memiliki tugas untuk membuat suatu laporan untuk keperluan Kepala Bidang Perikanan Budidaya di DKP dengan data yang bersumber dari hasil input data produksi pada Sistem Informasi Statistik Perikanan Bidang Budidaya (SIPBB) dari setiap kota/kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Data produksi perikanan budidaya dapat dimanfaatkan untuk proses penggalian pengetahuan tambahan mengenai potensi perikanan budidaya di Provinsi Jawa Tengah. Pengolahan Data Mining dengan menggunakan Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM) terdiri dari fase pemahaman bisnis, pemahaman data, pengolahan data, permodelan, evaluasi, serta penyebaran agar didapatkan suatu hasil maksimal dari hasil pemrosesan data. Fase penyebaran pada CRISP-DM merupakan implementasi data mining yang diterapkan pada Sistem Informasi Eksekutif DKP untuk menggali pengetahuan mengenai potensi perikanan budidaya. Sistem informasi Eksekutif DKP dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database management system MySQL. Hasil yang diperoleh dari implementasi data mining pada Sistem Informasi Eksekutif DKP adalah berupa laporan mengenai potensi perikanan budidaya setiap kota/kabupaten di Provinsi Jawa Tengah setiap tahun.

Item Type:Article
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:36654
Deposited By:Mr. Matematika Admin
Deposited On:01 Nov 2012 13:54
Last Modified:07 May 2013 12:57

Repository Staff Only: item control page