ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIRAN DANA ( FUND FLOW) PADA REKSA DANA SAHAM (Studi Pada Reksa dana Saham Periode 2004-2007)

PUTRIANI, Listri (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIRAN DANA ( FUND FLOW) PADA REKSA DANA SAHAM (Studi Pada Reksa dana Saham Periode 2004-2007). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

669Kb

Abstract

Reksa dana merupakan wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana. Dana ini kemudian dikelola oleh manajer investasi dalam portofolio investasi.Dengan berinvestasi pada reksa dana, maka investor akan mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan wadah investasi lainnya. Keuntungan tersebut antara lain: dengan dana yang rendah, investor individual dapat memiliki portofolio investasi, reksa dana juga bersifat sangat likuid, pengelolaan investasi juga dilakukan oleh manajer investasi yang profesional. Aliran dana (fund flow) pada reksa dana mencerminkan keputusan alokasi yang dilakukan oleh investor. Naik turunnya aliran dana (fund flow) itu sendiri tampaknya dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh return masa lalu reksa dana, rasio biaya (expense ratio), umur reksa dana, rating reksa dana, serta total aset terhadap aliran dana (fund flow) reksa dana saham. Teknik analisa yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Jumlah populasi penelitian ini adalah 58 reksa dana yang terdaftar di Bapepam-LK, dan setelah melewati tahap purposive sampling, jumlah sampel menjadi 15 reksa dana saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel total aset yang berpengaruh signifikan terhadap aliran dana (fund flow) pada reksa dana saham,sedangkan return masa lalu, rasio biaya (expense ratio), umur reksa dana, serta rating reksa dana berpengaruh tidak signifikan terhadap aliran dana (fund flow)pada reksa dana saham. Hasil yang tidak signifikan ini menunjukkan bahwa return masa lalu reksa dana, rasio biaya (expense ratio), umur reksa dana, serta rating reksa dana tidak dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan para investor untuk menaruh dananya pada suatu produk reksa dana.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36652
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:01 Nov 2012 14:02
Last Modified:01 Nov 2012 14:02

Repository Staff Only: item control page