FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS HEDGING DENGAN INSTRUMEN DERIVATIF VALUTA ASING (Studi Kasus pada Perusahaan Nonfinansial yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009)

GUNARTI, Fay (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS HEDGING DENGAN INSTRUMEN DERIVATIF VALUTA ASING (Studi Kasus pada Perusahaan Nonfinansial yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

227Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas hedging dengan instrumen derivatif valuta asing pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009. Hasil analisa diharapkan dapat memberikan informasi bagi pihak-pihak yang terkait terutama pihak manajemen perusahaan terutama yang memiliki eksposur transaksi, investor, dan para akademisi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diunduh dari website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2009 sedangkan sampel penelitian ini sejumlah 77 perusahaan yang memiliki eksposur transaksi dan memiliki kelengkapan data untuk diteliti. Dari sampel tersebut sebanyak 28 perusahaan melakukan aktivitas hedging selama periode pengamatan dan 49 perusahaan tidak melakukan aktivitas hedging. Analisis Logistic Regression digunakan oleh peneliti untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model analisis menghasilkan ketepatan 80,5% dan variabel leverage, liquidity, firm size, dan financial distress berpengaruh signifikan terhadap prediksi probabilitas aktivitas hedging dengan tingkat signifikansi 5% sedangkan variabel firm value dan growth opportunity berpengaruh tidak signifikan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36650
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:01 Nov 2012 13:31
Last Modified:01 Nov 2012 13:31

Repository Staff Only: item control page