ANALISIS PENGARUH PER, PBV, UKURAN PERUSAHAAN DAN ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005 –2009)

EDWARD, M.Yunies (2011) ANALISIS PENGARUH PER, PBV, UKURAN PERUSAHAAN DAN ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005 –2009). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
139Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1890Kb

Abstract

Pasar modal adalah salah satu sarana untuk menghimpun sumber dana ekonomi jangka panjang dan sebagai salah satu instrumen investasi. Perkembangan pasar modal sebagai instrumen ekonomi pada dewasa ini menunjukkan perkembangan yang pesat. Oleh karena itu, investor dalam melakukan investasi selalu mengharapkan untuk memperoleh return. Harapan tersebut sesuai dengan tujuan investor melakukan investasi, yaitu memaksimalkan return yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), ukuran perusahaan, arus kas operasi, arus kas pendanaan dan arus kas investasi terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2005 - 2009. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 101 perusahaan manufaktur. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Data yang diteliti diperoleh dari Jakarta Stock Exchange (JSX) Yearly Statistict dan laporan keuangan masing-masing perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel PBV, ukuran perusahaan, arus kas operasi dan arus kas pendanaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Sedangkan PERdan arus kas investasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap return saham. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai adjusted R2 sebesar 11,1%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi investor dalam melakukan investasi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36641
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:01 Nov 2012 09:41
Last Modified:01 Nov 2012 09:41

Repository Staff Only: item control page