ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS TAHUN 2008 PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

PRADOPO, Agung Amin (2011) ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS TAHUN 2008 PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
56Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

37Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

108Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

140Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

228Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

36Kb

Abstract

Tesis ini mengenai Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Tahun 2008 Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI.Latar belakang masalahnya adalah adanya fenomena krisis global 2008 yang menyebabkan turunnya penjualan beberapa perusahaan manufaktur di indonesia yaitu manufaktur pulp kertas sebesar 50%, manufaktur baja sebesar 30% s.d. 40% dan manufaktur otomotif sebesar 30% s.d. 40% dan beberapa perbedaan hasil penelitian terdahulu mengenai financial distress. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdapat di BEI tahun 2004-2008 sebanyak 152 perusahaan. Sedangkan untuk mengetahui sampelnya digunakan metode Z-Score Altman, sehingga terbentuk dua kategori, untuk perusahaan yang mengalami financial distress ada 61 perusahaan, sedangkan kategori perusahaan yang tidak mengalami financial distress ada 49 perusahaan. Metode selanjutnya yang digunakan untuk membuktikan apakah benar rasio keuangan berpengaruh signifikan terhadap kondisi financial distress adalah regresi logit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rasio keuangan Cash/Total Asset, Current Liability/Total Asset dan Working Capital/Total Asset dapat digunakan sebagai alat untuk memprediksi kondisi financial distress perusahaan selain rasio – rasio keuangan yang digunakan dalam model Altman.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36624
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:01 Nov 2012 08:24
Last Modified:01 Nov 2012 08:24

Repository Staff Only: item control page