OWNERSHIP, CURRENT RATIO, DEBT TO TOTAL ASSETS, RETURN ON EQUITY, TOTAL ASSETS TURNOVER, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN SALES GROWTH TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008)

MULIAWATI, Anita Dwi (2011) OWNERSHIP, CURRENT RATIO, DEBT TO TOTAL ASSETS, RETURN ON EQUITY, TOTAL ASSETS TURNOVER, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN SALES GROWTH TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

1484Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Institusional Ownership, Current Ratio, Debt to Total Asset (DTA), Return On Equity (ROE), Total Assets Turnover (TATO), Investment Opportunity Set (MVE/BVE), dan Sales Growth terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2008. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 159 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2007. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) perusahaan yang selalu menyajikan laporan keuangan periode 2006-2008, dan (2) perusahaan yang secara kontinyu membagikan dividennya periode 2006-2008. Data diperoleh dari publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2009). Diperoleh jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan .Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio, Debt to Total Asset (DTA), dan Return On Equity (ROE), berpengaruh signifikan positif terhadap DPR.Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa Investment Opportunity Set (MVE/BVE), dan Sales Growth berpengaruh signifikan negatif terhadap DPR. Variabel lain dalam penelitian ini yaitu Institusional Ownership dan Total Assets Turnover (TATO) tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR.Kami menyarankan kepada para investor di Bursa Efek Indonesia agar memberi perhatian lebih terhadap informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam membuat keputusan investasi mereka. Variabel Return On Equity (ROE) dalam penelitian ini merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap DPR yang ditunjukkan dari nilai koefisien beta standardizednya yaitu 1,799; Debt to Total Asset (DTA) dengan nilai koefisien 0,922; Current Ratio dengan nilai koefisien 0,116; IOS (MVE/BVE) dengan nilai koefisien -0,057 Sales Growth dengan nilai koefisien -0,325

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:36623
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Oct 2012 09:01
Last Modified:31 Oct 2012 09:01

Repository Staff Only: item control page