FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2006-2008

NUGROHO, Satriadi Widya (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2006-2008. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

575Kb

Abstract

Manajemen laba (earning management) adalah campur tangan dalam proses pelaporan keuangan eksternal dengan tujuan untuk menguntungkan diri sendiri. Manajemen laba dilakukan dengan memilih prosedur dan metode akuntansi tertentu atau mengendalikan berbagai akrual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komposisi dewan komisaris, ukuran dewan komisaris, reputasi auditor, jumlah dewan direksi, ukuran perusahaan, leverage dan persentase saham yang ditawarkan kepada publik terhadap manajemen laba. Sampel penelitian mengambil periode 2006 - 2008 dengan obyek penelitian pada perusahaan manufaktur yang melaporkan laporan keuangannya di Bursa Efek Indonesia dengan metode rata-rata (mean). Sampel penelitian sebanyak 60 perusahaan manufaktur di BEI, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel dengan cara menetapkan kriteria-kriteria tertentu. Hasil penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara Jumlah Dewan Direksi terhadap Managemen Laba secara parsial; ada pengaruh yang signifikan dan negatif antara Ukuran Perusahaan, Leverage terhadap Manajemen Laba secara parsial. Dan hasil lainnya diperoleh bahwa secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan antara Komposisi Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Komisaris, Reputasi Auditor dan Prosentase Kepemilikan Publik terhadap Manajemen Laba.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36603
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:30 Oct 2012 10:28
Last Modified:30 Oct 2012 10:28

Repository Staff Only: item control page