Pengolahan Air Limbah Dengan Kandungan Padatan Tersuspensi dan Bahan Organik Tinggi dengan Ozonasi : Studi Kasus Pada Pengolahan Air Limbah RPH

B. , Budiyono and I Nyoman, Widiasa and Seno, Johari (2007) Pengolahan Air Limbah Dengan Kandungan Padatan Tersuspensi dan Bahan Organik Tinggi dengan Ozonasi : Studi Kasus Pada Pengolahan Air Limbah RPH. In: Seminar Nasional Fundamental dan Aplikasi Teknik Kimia, ITS Surabaya.

[img]
Preview
PDF - Published Version
76Kb

Abstract

Teknologi pengolahan air limbah terus berkembang dalam upaya mendapatkan teknologi yang tidak memberikan residu bahan kimia yang bisa memberikan dampak negatif lebih lanjut terhadap lingkungan. Teknologi pengolahan menggunakan ozon merupakan salah satu pilihannya. Pada penelitian ini dikaji kinetika reaksi oksidasi ozonasi dengan mengamati konsentrasi COD air limbah sebagai fungsi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ozonasi belum bisa digunakan secara langsung untuk pengolahan air limbah RPH karena timbulnya busa yang berlebihan. Setelah dilakukan pengenceran, reaksi oksidasi ozonasi mengikuti reaksi oder 1 dengan konstanta kecepatan reaksi 0,0789 jam-1. Untuk menurunkan COD air limbah dari 1421 menjadi 126 mg/L diperlukan waktu sebesar 24 jam. Sedangkan untuk menurunkan kekeruhan dari 48,1 menjadi 13,5 NTU juga diperlukan selama 24 jam. Masih perlu dikaji lebih lanjut kelayakan ozon untuk pengolahan air limbah RPH. Di samping itu, juga perlu dicari teknik lain untuk menurunkan kandungan TSS yang tinggi dari air limbah misalnya dengan optimasi proses koagulasi dan flokulasi di samping kemungkinan penerapan teknologi lainnya seperti elektrokoagulasi.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
ID Code:36592
Deposited By:Dr. Budiyono Budiyono
Deposited On:28 Oct 2012 20:17
Last Modified:28 Oct 2012 20:39

Repository Staff Only: item control page