Optimasi Proses Polimerisasi Diphenyl Methane Diisocynate dengan Polyalkohol Minyak Goreng Bekas menjadi Busa Polyurethane

Faleh, Setia Budi and Anggoro, Didi Dwi and Agus, Suprihanto (2009) Optimasi Proses Polimerisasi Diphenyl Methane Diisocynate dengan Polyalkohol Minyak Goreng Bekas menjadi Busa Polyurethane. In: Seminar Nasional MAKSI, 24-25 November 2009, IPB, Bogor.

[img]
Preview
PDF - Published Version
336Kb

Abstract

Minyak goreng bekas yang selama ini dibuang dan menjadi limbah yang mencemari lingkungan mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan polyurethane. Sebelum digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan minyak goreng bekas harus dikonversi terlebih dahulu menjadi polyol. Kemudian polyol minyak goreng bekas tersebut direaksikan dengan Diphenyl Methane diisocyanate (MDI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio MDI/Polyol dan jumlah ethylene glikol terhadap kuat tekan polimer yang dihasilkan. Perancangan percobaan dan pengolahan datanya menggunakan metode central composite design. Variabel yang dipilih sebagai variabel bebas adalah rasio MDI/Polyol (1, 2 dan 3) dan jumlah ethylene glikol (10, 20 dan 30 ml). Sedangkan variabel yang dipilih sebagai variabel tetap adalah suhu (suhu ruang), jumlah katalis 1 % dan volume massa reaksi 5 lt. Jumlah run percobaan yang harus dilakukan sebanyak 10 run. Berdasarkan harga estimasi efek dan grafik pareto variabel linier dan kuadrat rasio MDI/Polyol dan interaksi variabel sangat berpengaruh terhadap kekuatan tekan polyurethane. Kondisi operasi optimal dicapai pada rasio MDI/Polyol 1,82 dan volume ethylene glikol 25,177 ml. Polyurethane yg dihasilkan mempunyai kekuatan tekan 1051.1 N/m2.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
ID Code:36576
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Oct 2012 11:13
Last Modified:25 Oct 2012 11:13

Repository Staff Only: item control page