ANALISIS PENGARUH NIM, NPL,BOPO,LDR DAN MODAL INTI TERHADAP ROA ( Studi Kasus pada Bank di Indonesia Periode Tahun 2007 – 2009 )

NUGROHO, Dwiyanto Adi (2012) ANALISIS PENGARUH NIM, NPL,BOPO,LDR DAN MODAL INTI TERHADAP ROA ( Studi Kasus pada Bank di Indonesia Periode Tahun 2007 – 2009 ). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

485Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Net Interst Margin (NIM), Non Performing Loan ( NPL), Loan to Deposit Rasio ( LDR ), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Modal Inti terhadap Return on Asset ( ROA ). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria seluruh bank di Indonesia yang menyajikan laporan keuangan periode tahun 2007 sampai dengan 2009. Data yang diperoleh dari Majalah Info Bank periode 2008 sampai dengan 2010. Diperoleh jumlah sampel 356 dari 379 bank yang ada di Indonesia periode tahun 2007 sampai dengan 2009. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari uji asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linear berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data NIM, Modal Inti, NPL dan LDR secara parsial signifikan terhadap ROA seluruh Bank di Indonesia pada level of significance 5 %. Sedangkan BOPO tidak berpengaruh signifikan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:36520
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Oct 2012 09:34
Last Modified:29 Oct 2012 09:34

Repository Staff Only: item control page