ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI OLEH PROFTIABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Listed di BEI Tahun 2004 – 2009)

NIRMALASARI, Astuti (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI OLEH PROFTIABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Listed di BEI Tahun 2004 – 2009). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
104Kb
[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
37Kb
[img]Microsoft Word
Restricted to Registered users only

1289Kb
[img]PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
Restricted to Registered users only

338Kb

Abstract

Nilai perusahaan sangat penting artinya bagi perusahaan. Nilai perusahaan dapat digunakan sebagai pendekatan untuk menilai saham-saham yang akan diinvestasikan. Penelitian mengenai pengaruh faktor – faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yang telah diteliti oleh Santika dan Kusuma (2002), Suranta dan Pranata (2003), Rachmawati dan Triatmoko (2007), Siallagan dan Machfoedz (2006), Rosje dan Astuti (2003), Suranta dan Machfoedz (2002) masih menunjukkan adanya inkosistensi penelitian. Selain itu berdasarkan data yang dikumpulkan juga terdapat inkosistensi arah hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Masalah penelitian yang diangkat adalah ”Nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan Otomotif dan Komponen yang listed di Bursa Efek Indonesia mempunyai tren yang cenderung terus meningkat sepanjang periode 2005 – 2009, terdapat fenomena gap berupa inkosistensi arah hubungan variabel independen dan variabel dependen dan adanya inkonsistensi hasil penelitian pengaruh Size, Kebijakan Hutang (DER), Profitabilitas (ROA), Efektivitas Aset (TATO), Kepemilikan Institusional, IOS dan Komisaris Independen terhadap Nilai Perusahaan (research gap)” . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 16 perusahaan otomotif dan komponennya yang listed di Bursa Efek Indonesia pada periode 2004 – 2009. Penelitian ini menggunakan metode purposive sebagai metode pengambilan data. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda secara two stage (analisis jalur path) dan hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji F dan uji t pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data penelitian memenuhi asumsi klasik dan berada pada distribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa ukuran perusahaan, kebijakan hutang dan efektivitas asset secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Profitabilitas, kepemilikan institusional, dan investment opportunity set berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkann keberadaan komisaris independent tidak berpengaruh (marginal) terhadap nilai perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36516
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:22 Oct 2012 09:18
Last Modified:22 Oct 2012 09:18

Repository Staff Only: item control page