ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN DAN PENGARUH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Maitland Smith Indonesia)

WIRAPRATAMA, Hapsakti Anggoro (2011) ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN DAN PENGARUH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Maitland Smith Indonesia). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3966Kb

Abstract

Strategi bisnis yang efektif berpusat pada pemanfaatan teknologi informasi secara efisien dan agresif . Oleh karenanya sistem ERP menanjak menjadi inti dari manajemen informasi dan tulang punggung organisasi (Nash, 2000a,b). Sistem ERP yang berhasil akan merampingkan proses dalam perusahaan dan memperbaiki efektivitas secara keseluruhan, dan secara bersamaan menyediakan sarana untuk mendongkrak kinerja kompetitif eksternal, meningkatkan respon atas pelanggan dan bisa dimanfaatkan sebagai pendukung inisiatif-inisiatif strategis (Sandoe et al., 2001). Harapan-harapan atas keuntungan inilah yang menarik perusahaan ke sistem MRP. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis sejauh mana pengelolaan perubahan, dukungan manajemen dan peranan tim implementasi berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi ERP. Selain itu juga untuk meneliti dan menganalisis pengaruh keberhasilan implementasi ERP terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan analisis data menggunakan SEM. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pengelolaan perubahan, dukungan manajemen dan peranan tim implementasi berpengaruh positif terhadap keberhasilan implementasi ERP. Demikian pula halnya keberhasilan implementasi ERP berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:36504
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Oct 2012 11:07
Last Modified:20 Oct 2012 11:07

Repository Staff Only: item control page