MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Industri Garmen di Wilayah Jawa Tengah & DIY)

DHARMAWAN, Anindityo (2011) MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Industri Garmen di Wilayah Jawa Tengah & DIY). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3369Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna menjawab permasalahan bagaimana pengaruh strategi diferensiasi dan dukungan manajemen puncak terhadap sistem manajemen sumber daya manusia (MSDM) high performance work practices, serta bagaimana pengaruh strategi diferensiasi dan sistem MSDM high performance work practices dalam menciptakan keunggulan bersaing perusahaan garmen, yang akan meningkatkan kinerja perusahaan garmen. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis serta implikasi manajerial mengenai langkah yang dapat diambil oleh perusahaan garmen untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing yang didapat dari strategi diferensiasi dan sistem MSDM high performance work practices yang dipengaruhi oleh strategi diferensiasi dan dukungan manajemen puncak. Penelitian ini mengunakan metode sensus dengan populasi sebanyak 140 perusahaan garmen di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang tergabung dalam Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API). Akan tetapi, hanya 105 data yang dapat digunakan karena sebanyak 35 perusahaan garmen tidak turut berpartisipasi dalam penelitian ini. Data jawaban dari responden tersebut kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangka teoritis menggunakan analisis konfirmatori Structural Equation Modelling (SEM). Dari hasil analisis data terlihat bahwa 5 (lima) hipotesis yang diajukan dapat diterima. Strategi diferensiasi dan dukungan manajemen puncak terbukti berpengaruh positif terhadap sistem MSDM high performance work practices, strategi diferensiasi dan sistem MSDM high performance work practices berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:36469
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:18 Oct 2012 09:33
Last Modified:18 Oct 2012 09:53

Repository Staff Only: item control page