GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN TERHADAP PENGGUNA: PENGARUH TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO UNIT S1 REGULER

Fatmawati, Endang (2007) GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN TERHADAP PENGGUNA: PENGARUH TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO UNIT S1 REGULER. Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Perpustakaan .

[img]Microsoft Word
68Kb
[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
8Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/ilpus

Abstract

Penelitian ini tentang gaya komunikasi pustakawan terhadap pengguna: pengaruh terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Uiversitas Diponegoro unit S1 Reguler. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana pengaruh gaya komunikasi pustakawan terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNDIP unit S1 Reguler. Variabel bebas (X) adalah gaya komunikasi pustakawan dengan indikator menguasai/dominan, membesar-besarkan/dramatis, argumentatif/suka berdebat, banyak menggunakan ekspresi wajah dan tubuh/ekspresif, cepat meninggalkan kesan, tenang/santai, berempati/penuh perhatian, terbuka dengan perasaan, ramah/akrab, dan citra komunikator. Sedangkan variabel terikat (Y) adalah kualitas layanan dengan indikator reliabilitas/keandalan, ketanggapan, jaminan/kepastian, empati/kepedulian, dan berwujud/ada bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proporsional stratified random sampling, dengan jumlah sampel (n) sebesar 90 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara/observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik pengolahan data dan analisis data mengunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan program SPSS for windows versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya komunikasi pustakawan berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNDIP unit S1 Reguler. Dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini bisa dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan dengan uji T, yaitu dengan membandingkan t-tabel dan t-hitung dengan  = 5 %. Hasilnya ada hubungan signifikan antara gaya komunikasi pustakawan dengan kualitas layanan, dengan t-hitung (5,137) lebih besar dari t-tabel (1,987). Dari hasil penelitian dan pembahasan maka simpulannya adalah ada pengaruh antara gaya komunikasi pustakawan terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNDIP unit S1 Reguler. Gaya komunikasi pustakawan yang paling banyak dipersepsikan pengguna yang dapat membantu penelusuran informasi di perpustakaan adalah gaya komunikasi pustakawan yang ramah/akrab dengan persentase 18,9 %. Sarannya adalah pustakawan hendaknya lebih memfokuskan penerapan gaya komunikasi yang diinginkan pengguna untuk membantu penelusuran informasi di perpustakaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Gaya Komunikasi Pustakawan, Kualitas Layanan, Perpustakaan FE Undip
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:3645
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jan 2010 10:36
Last Modified:14 Jan 2010 10:36

Repository Staff Only: item control page