PERSEPSI DAN HARAPAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN AKBID KARSA MULIA SEMARANG TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN TAHUN 2003 s/d 2006

Pariyanti, Pariyanti (2007) PERSEPSI DAN HARAPAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN AKBID KARSA MULIA SEMARANG TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN TAHUN 2003 s/d 2006. Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Perpustakaan .

[img]Microsoft Word
36Kb
[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
8Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/ilpus

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah sesuai persepsi dan harapan pengguna perpustakaan terhadap layanan Perpustakaan Akbid Karsa Mulia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan persepsi dan harapan pengguna perpustakaan terhadap layanan yang dipengaruhi oleh prosedur layanan, kecepatan layanan, profesionalisme pustakawan, perhatian pustakawan, dan penampilan layanan perpustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Akbid Karsa Mulia. Sampel yang digunakan 67 responden, penelitian ini mengambil simple random sampling. Metode data menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis univariate kemudiaan menghasilkan distribusi dan prosentase dari tiap variabel kemudian dideskripsikan dan diperkuat dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar 34.3 % yang menggunakan layanan perpustakaan adalah mahasiswa tingkat 3. Sebagian besar 65,7% yang menggunakan layanan perpustakaan berumur 20-29 tahun. Sebagian besar 59,7% yang menggunakan layanan perpustakaan mempunyai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dalam kategori kurang memuaskan. Sebagian besar 70.1% yang mempunyai persepsi tentang prosedur layanan berada dalam kategori cukup, dan harapan cukup. Sebagian besar 79,1% yang mempunyai persepsi tentang kecepatan layanan berada dalam kategori cukup, dan harapan cukup. Sebagian besar 91% yang mempunyai persepsi tentang profesionalisme pustakawan berada dalam kategori baik, dan harapan baik. Sebagian besar 55,2% yang mempunyai persepsi tentang perhatian pustakawan berada dalam kategori cukup, dan harapan baik. Sebagian besar 52,2 % yang mempunyai persepsi tentang penampilan layanan perpustakaan berada dalam kategori cukup, dan harapan baik. Kesenjangan antara persepsi dan harapan pengguna .perpustakaan diantaranya jumlah pustakawan kurang, sarana dan prasarana masih kurang, interior dan eksterior ruangan perpustakaan kurang menarik, peraturan perpustakaan kurang tegas. Usaha untuk mengatasi kesenjangan diataranya menambah jumlah pustakawan, penambahan sarana dan prasarana, interior dan eksterior dibuat lebih menarik, dan peraturan perpustakaan lebih tegas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Persepsi dan Harapan Pengguna Perpustakaan, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Akbid Karsa Mulia Semarang
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:3632
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jan 2010 10:11
Last Modified:14 Jan 2010 10:11

Repository Staff Only: item control page