Bintoro, Muhammad Yanuar (2007) PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PADA LAYANAN INTERNET OLEH MAHASISWA PBL DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Perpustakaan .
Microsoft Word 36Kb | ||
| PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) 19Kb |
Official URL: http://eprints.undip.ac.id/ilpus
Abstract
Kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi telah membawa dampak yang begitu besar terhadap berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali perpustakaan. Seiring dengan perkembangan zaman, perpustakaan harus terus bisa mengantisipasi berbagai kebutuhan informasi para penggunanya. Perpustakaan tidak lagi memberikan layanan yang sama dari tahun ke tahun tetapi harus menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan para penggunanya. Kalau tidak mengikuti perkembangan tersebut, perpustakaan akan ditinggalkan pengguna setianya. Untuk itu, perpustakaan harus mengubah kembali peran dan fungsinya dalam menunjang kebutuhan informasi para penggunanya sesuai dengan kemajuan zaman. Adanya kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), jarak, ruang, waktu menjadi hampir tidak ada batasan. Hal ini pun telah mengubah pola perilaku pengguna perpustakaan dalam mencari informasi. Pengguna menginginkan informasi terkini, tidak peduli informasi tersebut berasal dari mana, yang penting ada dan bisa diperoleh dengan cara yang cepat. Tidak mau lagi pencarian informasi itu terganggu hanya karena perpustakaan telah tutup. Perpustakaan harus selalu siap setiap saat. Maka, mau tidak mau perpustakaan pun harus terhubung ke jaringan internet karena di sanalah sumber informasi dari seluruh dunia berada. Agar dapat terus relevan dengan perkembangan yang terjadi, baik di bidang ilmu pengetahuan secara umum maupun di bidang perpustakaan dan informasi pada khususnya, keberadaan internet di perpustakaan perguruan tinggi sudah menjadi kebutuhan. Sekalipun memiliki beberapa kelemahan, internet tetap akan banyak memberi keuntungan baik untuk pemakai perpustakaan maupun perpustakaan itu sendiri. Problem Based Learning (PBL) adalah metode pendidikan yang medorong mahasiswa fakultas kedokteran untuk mengenal cara belajar dan bekerja sama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masalah-masalah di dunia kedokteran. Simulasi masalah digunakan untuk mengaktifkan keingintahuan mahasiswa sebelum mulai mempelajari suatu subjek. PBL menyiapkan mahasiswa untuk berpikir secara kritis dan analitis, serta mampu untuk mendapatkan dan menggunakan secara tepat sumber-sumber pembelajaran. Dalam PBL, mahasiswa kedokteran dituntut bertanggung jawab atas pendidikan yang mereka jalani, serta diarahkan untuk tidak terlalu tergantung pada dosen. PBL membentuk mahasiswa mandiri yang dapat melanjutkan proses belajar pada kehidupan dan karier yang akan mereka jalani. Seorang dosen lebih berperan sebagai fasilitator atau tutor yang memandu mahasiswa menjalani proses pendidikan. Ketika mahasiswa menjadi lebih cakap dalam menjalani proses belajar PBL, tutor akan berkurang keaktifannya. Hal tersebut digunakan sebagai pendorong bagi mahasiswa untuk belajar mengintegrasikan dan mengorganisasi informasi yang didapat, sehingga nantinya dapat selalu diingat dan diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang akan dihadapi. Masalah-masalah yang didesain dalam PBL memberi tantangan pada mahasiswa untuk lebih banyak mencari informasi dari berbagai sumber. Oleh karena itu, mahasiswa PBL diasumsikan mencari informasi dengan berbagai cara baik yang konvensional/tradisional maupun yang modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Pencarian Informasi, Perpustakaan, Layanan Internet, JIP FIB UNDIP |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
ID Code: | 3624 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 14 Jan 2010 09:58 |
Last Modified: | 14 Jan 2010 09:58 |
Repository Staff Only: item control page