IMPLEMENTASI PROGRAM DESA MANDIRIPANGAN SEBAGAI UPAYA PEMERINTAHMENGATASI KERAWANAN PANGAN DIKABUPATEN BOYOLALI (STUDI PENELITIAN DIDESA SUROTELENG, KECAMATAN SELO)

WAHYUNING SEJATI, APRILIA (2012) IMPLEMENTASI PROGRAM DESA MANDIRIPANGAN SEBAGAI UPAYA PEMERINTAHMENGATASI KERAWANAN PANGAN DIKABUPATEN BOYOLALI (STUDI PENELITIAN DIDESA SUROTELENG, KECAMATAN SELO). Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF
69Kb

Abstract

Program Desa Mandiri Pangan merupakan program strategis nasional dalam membangun ketahanan pangan nasional. Program ini diturunkan dari pusat untukdilaksanakan ditingkat Kabupaten/Kota.Tujuan utama kegiatan Demapan adalah meningkatkan keberdayaan masyarakat miskin perdesaan dalam secara optimal, dalam mencapai kemandirian pangan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program desa mandiri pangan di desa Suroteleng serta mengetahui hambatan dan pendukung pelaksanaan program desa mandiri pangan di desa Suroteleng. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut prespektif peneliti sendiri.Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka. Data diperoleh dari laporan tahunan desa Suroteleng dan hasil wawancara dengan kelompok afinitas, pendamping, TPD, LKD dan pegawai kantor BKP3 Kabupaten Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program desa mandiri pangan di desa Suroteleng berjalan baik sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan. Selama pelaksanaan program dari tahap persiapan pada tahun 2010, tahap penumbuhan pada tahun 2011 sampai pada tahun ketiga ini 2012 yaitu tahap pengembangan tidak terjadi penyelewengan. Dukungan terhadap program ini adalah potensi alam yang melimpah dan kondisi social yang baik serta masyarakat desa Suroteleng yang aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Walaupun pada awal pelaksanaan terjadi bencana alam erupsi Gunung Merapi namun kegiatan ini tetap berjalan sesuai tahapannya. Rendahnya kualitas SDM dan lemahnya sisi jaringan pasar menjadi kendala bagi pelaksanaan implementasi ini, sehingga hasil usaha produktif belum mampu menjangkau ke pasaran. Maka dari itu dibutuhkan kesabaran dalam membimbing masyarakat desa Suroteleng supaya memahami apa yang menjadi tujuan yang akan dicapai dalam kebijakan program ini. Kata kunci: Ketahanan pangan, Desa Mandiri Pangan, Pemberdayaan Masyarakat

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:36017
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:31 Aug 2012 10:16
Last Modified:31 Aug 2012 10:16

Repository Staff Only: item control page