Hubungan Pengetahuan Tentang Pencegahan Penyakit Jantung Koroner Dengan Tingkat Asupan Lemak Jenuh Dan Fitoestrogen Kedelai Pada Wanita Menopause Usia 45-64 Tahun

Astuti, Absiskha Kusuma and Wirawanni, Yekti (2007) Hubungan Pengetahuan Tentang Pencegahan Penyakit Jantung Koroner Dengan Tingkat Asupan Lemak Jenuh Dan Fitoestrogen Kedelai Pada Wanita Menopause Usia 45-64 Tahun. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
137Kb

Abstract

Latar Belakang : Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian perempuan di negara berkembang. satu dari 10 perempuan usia menopause menderita PJK. FDA menyatakan 25 gr/hr fitoestrogen kedelai sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolestrol, dapat menurunkan resiko penyakit jantung. pengetahuan pencegahan penyakit jantung koroner (PJK) menjadi penentu konsumsi pangan seseorang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan pencegahan PJK denga tingkat asupan lemak jenuh dan fitoestrogen kedelai pada wanita menopause usia 45-64 tahun. Metode : Penelitian dilakukan di Klub Jantung Sehat Sampangan Indah Semarang, desain cross sectional. Sampel diambil purposif sebanyak 31 wanita menopause usia 45-64 tahu, sehat dan tidak menjalani terapi hormon. Data tingkat pengetahuan pencegahan PJK dan asupan makanan diperoleh dari wawancara dengan kuesioner. Analisis data dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan sampel tentang pencegahan PJK 41,9% dalam kategori cukup dan baik, dengan rerata 69,1% +- 23. Tingkat asupan lemak jenuh sampel 58,1% dalam ketegori sedang dengan rerata 18,3% +- 6,1. Tingkat asupan fitoestrogen kedelai sampel 90,3% denga kategori baik dengan rerata 71,6mg +- 22,4. Tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan pencegahan PJK dan tingkat asupan lemak jenuh (r=0,19; p=0,31). Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan pencegahan PJK dan tingkat asupan fitoestrogen kedelai (r=0,6; p=0,00)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:tingkat pengetahuan, fitoestrogen, lemak jenuh, menopause
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:35970
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2012 09:57
Last Modified:14 Aug 2012 09:57

Repository Staff Only: item control page