Beda Kadar Hemoglobin Remaja Putri Anemia Setelah Pemberian Suplementasi Tablet Besi Folat Satu Kali dan Dua Kali Per Minggu

Kintha Raditya Ariutami, Kintha Raditya Ariutami (2012) Beda Kadar Hemoglobin Remaja Putri Anemia Setelah Pemberian Suplementasi Tablet Besi Folat Satu Kali dan Dua Kali Per Minggu. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
2627Kb

Abstract

Latar Belakang : Defisiensi besi pada remaja disebabkan oleh jumlah zat besi yang diabsorbsi kurang, tingginya kebutuhan besi dalam tubuh dan menstruasi. Pemberian suplementasi tablet besi folat diberikan untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada remaja putri. Tujuan : Mengetahui perbedaan kadar hemoglobin remaja putri anemia setelah pemberian suplementasi tablet besi folat satu kali dan dua kali per minggu. Metode : Jenis penelitian ini adalah eksperimental kuasi, pretest and posttest control group design. Subjek penelitian adalah remaja putri di Yayasan Sosial dan Panti Asuhan At-Taqwa Meteseh Semarang yang diambil secara non randomized trial, besar sampel berjumlah 18 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kadar hemoglobin diukur sebelum dan setelah intervensi selama delapan minggu menggunakan metode cyanmethemoglobin. Data asupan zat gizi diperoleh dari kuesioner semi quantitative food frequency. Analisis statistik yang digunakan adalah Independent sample t-test, paired samples t test dan Mann Whitney test. Hasil : Kenaikan kadar hemoglobin sebelum dan setelah intervensi pada kelompok pemberian suplementasi tablet besi folat satu kali per minggu sebesar 0.63 g/dl (t=-2.092, p= 0,035) dan dua kali per minggu sebesar 0.98 g/dl (t=-2.138, p= 0,032). Uji statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan kenaikan kadar hemoglobin remaja putri anemia setelah pemberian suplementasi tablet besi folat satu kali dan dua kali per minggu (t=-0,643, p=0,132). Simpulan : Tidak terdapat perbedaan kadar hemoglobin remaja putri anemia setelah pemberian suplementasi tablet besi folat satu kali dan dua kali per minggu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:suplementasi besi folat, kadar hemoglobin
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:35951
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Aug 2012 09:40
Last Modified:01 Aug 2012 09:40

Repository Staff Only: item control page