Pengaruh Pemberian Minyak Zaitun Ekstra Virgin Terhadap Profil Lipid Tikus Putih Norvegicus)Strain Sprague Dawley Hiperkolesterolemia

Kartika Nugraheni, Kartika Nugraheni (2012) Pengaruh Pemberian Minyak Zaitun Ekstra Virgin Terhadap Profil Lipid Tikus Putih Norvegicus)Strain Sprague Dawley Hiperkolesterolemia. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
459Kb

Abstract

Latar Belakang: Kadar kolesterol serum yang tinggi dan kelainan yang berhubungan dengan serum lipoprotein berhubungan erat dengan perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner (PJK). Minyak zaitun ekstra virgin, yang tinggi kandungan asam lemak tak jenuh tunggal terutama asam oleat, telah lama dikonsumsi oleh masyarakat Mediterania dan dipercaya sebagai penyebab rendahnya angka kejadian penyakit kardiovaskuler di daerah tersebut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian minyak zaitun ekstra virgin terhadap profil lipid tikus putih hiperkolesterolemia dan dosis minyak zaitun ekstra virgin yang paling berpengaruh terhadap profil lipid. Metode: Penelitian true experimental dengan rancangan post test only randomized controlled group design. Subyek penelitian 28 ekor tikus putih jantan galur Sprague Dawley usia 8 minggu, berat badan 180-220 gram, dan kondisi sehat. Penelitian dilakukan selama 6 minggu. Tikus dibagi menjadi 4 kelompok dengan metode simple random sampling. Kelompok kontrol diberi aquadest, kelompok perlakuan 1 diberi 0,5 gram minyak zaitun ekstra virgin, kelompok perlakuan 2 diberi 0,7 gram minyak zaitun ekstra virgin, dan kelompok perlakuan 3 diberi 0,9 gram minyak zaitun ekstra virgin. Profil lipid yang meliputi kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida diukur dengan metode CHO-PAP dan GPO-PAP. Data dianalisis dengan uji One Way ANOVA dilanjutkan uji Post-Hoc dengan derajat kemaknaan 99%. Hasil: Rerata kadar kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida paling rendah, serta rerata kolesterol HDL paling tinggi ditemukan pada kelompok perlakuan 3 dengan pemberian 0,9 gram minyak zaitun ekstra virgin dengan persentase penurunan 104,8%; 64,65%; dan 30,15%. Rerata peningkatan kadar kolesterol HDL paling tinggi juga dipegang oleh kelompok perlakuan P3 dengan pemberian minyak zaitun ekstra murni sebanyak 0,7 gram dengan persentase sebesar 62,72%. . Hasil uji statistik menunjukkan bahwa perubahan profil lipid berbeda bermakna pada semua kelompok perlakuan (p<0,0001). Kesimpulan: Pemberian minyak zaitun ekstra virgin dengan dosis 0,5 gram/ekor; 0,7 gram/ekor; dan 0,9 gram/ekor dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL Kata Kunci: Minyak zaitun ekstra virgin, profil lipid, asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Minyak zaitun ekstra virgin, profil lipid, asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:35948
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Aug 2012 08:50
Last Modified:01 Aug 2012 08:50

Repository Staff Only: item control page