Perbedaan Perubahan Berat Badan, Aktifitas Fisik, dan Kontrol Glukosa Darah antara Anggota Organisasi Penyandang Diabetes Mellitus dan Non Anggota

Dewi Marfu’ah Kurniawati, Dewi Marfu’ah Kurniawati (2012) Perbedaan Perubahan Berat Badan, Aktifitas Fisik, dan Kontrol Glukosa Darah antara Anggota Organisasi Penyandang Diabetes Mellitus dan Non Anggota. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
345Kb

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Mellitus merupakan kelompok penyakit metabolik yang tidak dapat disembuhkan, namun kadar glukosa darahnya dapat dikontrol dengan pengelolaan diabetes yang baik. Penyuluhan merupakan salah satu bentuk pengelolaan DM dan peer group merupakan salah satu metode yang digunakan. Di Indonesia terdapat organisasi bagi penyandang diabetes mellitus, yaitu Persadia (Persatuan Diabetes Indonesia). Pasien DM yang mengikuti konseling kelompok diharapkan memiliki gaya hidup yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perubahan berat badan, aktivitas fisik, dan kontrol glukosa darah antara anggota Persadia dan non anggota. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional, dengan besar subjek 42 orang. Subjek penelitian adalah adalah pasien diabetes mellitus tipe 2 rawat jalan di RS Pantiwilasa Citarum yang diambil secara consecutive sampling dan dibagi dalam 2 kelompok yaitu anggota Persadia dan non anggota. Perubahan berat badan merupakan selisih berat badan saat ini dengan berat badan 3 bulan yang lalu. Aktivitas fisik merupakan kebiasaan olahraga yang diukur menggunakan kuesioner. Kontrol glukosa darah merupakan konsentrasi glukosa darah yang diukur melalui pemeriksaan HbA1C. Analisis statistik yang digunakan adalah Chi Square, Kolmogorov-Smirnov, dan Fisher. Hasil: Subjek pada kelompok non anggota lebih banyak yang mengalami perubahan berat badan sesuai target (52,4%) daripada anggota Persadia (42,9%) dan juga memiliki control glukosa darah yang lebih baik (90,5%) daripada kelompok anggota Persadia (81,0%). Sebaliknya, kelompok anggota Persadia memiliki aktifitas fisik yang lebih sering (52,4%) daripada kelompok non anggota (9,6%) Simpulan: Tidak ada perbedaan perubahan berat badan dan control glukosa darah antara anggota Persadia dan non Persadia. Sebaliknya, perbedaan antara anggota Persadia dan non Persadia ditemukan pada aktifitas fisik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Diabetes mellitus, peer group, perubahan BB, aktifitas fisik, control glukosa darah, peer group
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:35883
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:25 Jul 2012 10:37
Last Modified:25 Jul 2012 10:37

Repository Staff Only: item control page