Pengaruh Pemberian Yoghurt Kedelai Hitam (Black Soyghurt) terhadap Kadar Trigliserida Serum pada Tikus Hipertrigliseridemia

Intan Baiduri, Intan Baiduri (2012) Pengaruh Pemberian Yoghurt Kedelai Hitam (Black Soyghurt) terhadap Kadar Trigliserida Serum pada Tikus Hipertrigliseridemia. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
425Kb

Abstract

Latar Belakang : Kedelai hitam merupakan bahan makanan yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai olahan makanan. Kedelai hitam diduga mengandung beberapa zat yang dapat menurunkan kadar trigliserida. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian yoghurt kedelai hitam (black soyghurt) pada berbagai dosis pemberian terhadap kadar trigliserida serum tikus sprague-dawley hipertrigliseridemia. Metoda : Penelitian ini menggunakan metode Pre and Post Randomized Controlled Group Design terhadap tikus jantan sprague-dawley hipertrigliseridemia. Subyek terdiri dari 36 ekor tikus yang dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu 1 kelompok kontrol, yang hanya diberi pakan standar BR-2 dan 3 kelompok perlakuan yang diberi tambahan diet black soyghurt peroral sebanyak 2 ml/hari untuk kelompok perlakuan I, 3ml /hari untuk kelompok perlakuan II, dan 4 ml/hari untuk kelompok perlakuan III selama 14 hari. Analisis kadar trigliserida serum menggunakan metode Colorimetric Enzymatic test ”GPO”. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji paired T test dan uji one-way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil : Uji Post hoc LSD menunjukkan adanya perbedaan kadar trigliserida yang bermakna pada perbandingan semua kelompok dengan p=0,000. Penurunan yang terjadi sebesar 43,49% pada perlakuan 1, 56,37% pada perlakuan 2, dan 63,76% pada perlakuan 3 sedangkan pada kontrol meningkat sebesar 2,21%. Kesimpulan : Pemberian black soyghurt dapat menurunkan kadar trigliserida serum tikus jantan Sprague-dawley hipertrigliseridemia secara bermakna. Pada penelitian ini, semakin tinggi dosis black soyghurt yang diberikan semakin tinggi penurunan kadar trigliserida serum tikus jantan Spague-dawley.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:hipertrigliseridemia, kadar trigliserida serum, black soyghurt, tikus
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:35871
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 Jul 2012 13:10
Last Modified:24 Jul 2012 13:10

Repository Staff Only: item control page