UJI KEMAMPUAN IKAN BETOK (Anabas testudinesus Block) MEMAKAN LARVA Anopheles spp (Studi kasus di daerah endemis malaria Wilayah Puskesmas Gunung Muda kabupaten Bangka)

BIRANSI, SUKNI (2009) UJI KEMAMPUAN IKAN BETOK (Anabas testudinesus Block) MEMAKAN LARVA Anopheles spp (Studi kasus di daerah endemis malaria Wilayah Puskesmas Gunung Muda kabupaten Bangka). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Anpheles merupakan salah satu dari sekian vektor yang menjadi perabtara penyakit. Seperti diketahui bahwa Anopheles ini adalah vektor perantara penyakit malaria. Di Indonesia telah ditemukan sekitar 90 spesies dari nyamuk jenis ini, dan berdistribusi hampir merata di setiap Provinsi. dalam pengendalian vektor malaria, telah dilakukan berbagai cara mulai dari pemberantasan secara kimia maupun dengan cara nonkimia. Pada dasawarsa terakhir telah dikembangkan pemberantasan dengan cara memanfaatkan binatang predator terhadap larva Anopheles seperti ikan. Namun belum semua ikan yang ada dapat digunakan karena belum mengetahui seberapa besar keefektifan ikan tersebut untuk digunakan sebagai predator larva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan ikan A. Testudineus dalam memakan larva Anopheles berdasarkan panjang tubug. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postest Only Design. Sampel dalam penelitian ini adalah larva nyamuk Anopheles spp instar III dan IV awal. Analisis data dengan menggunakan Mann-Whitney menunjukkan terhadap perbedaan kemampuan antara ikan A. Testudineus dengan panjang tubuh <5 CM dan >5 CM dalam memakan larva Anopheles Pada ikan A. Testudineus dengan panjang tubuh < 5 mampu menghabiskan larva Anopheles dalam 12 menit dengan rata-rata 2,5ekor larva per menit, sedangkan ikan A. testudineus yang berukuran > 5 CMmampu menghabiskan larva dlam 72 menit dengan rata-rata 0,4 ekor larva per menit. dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ikan A testudineus efektif untuk digunakan sebagai ikan pemangsa larvaAnpheles. Kata Kunci: Ikan A. testudineus, Larva Anopheles, Panjang Tubuh

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:35861
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:23 Jul 2012 11:41
Last Modified:23 Jul 2012 11:41

Repository Staff Only: item control page