Hubungan Asupan Protein Ikan dengan Status Gizi Balita di Wilayah Puskesmas Baru Ulu Kecamatan Balikpapan Barat Kalimantan Timur

Maya Sari Marthajaya, Maya Sari Marthajaya (2012) Hubungan Asupan Protein Ikan dengan Status Gizi Balita di Wilayah Puskesmas Baru Ulu Kecamatan Balikpapan Barat Kalimantan Timur. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
277Kb

Abstract

Latar Belakang : Balita usia 1-5 tahun merupakan kelompok rawan gizi yang rentan mengalami malnutrisi. Konsumsi makanan terutama energi dan protein merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap status gizi. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein berasal dari ikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keterkaitan asupan ikan dengan status gizi balita 1-5 tahun. Metode : Penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Subjek pada penelitian ini adalah 94 balita usia 1-5 tahun yang diambil secara random sampling. Data asupan zat gizi diperoleh dengan wawancara menggunakan form food recall. Data asupan protein ikan diperoleh dengan cara membandingkan data asupan dengan angka kecukupan gizi individu yang dinyatakan dalam persen kecukupan. Data status gizi diperoleh melalui pengukuran antropometri. Uji Rank Spearman digunakan untuk menganalisis keterkaitan asupan protein ikan dengan status gizi. Hasil : Rerata asupan protein ikan pada usia 1-3 tahun adalah 6,81 gram/hari sedangkan rerata asupan protein ikan pada usia 4-5 tahun adalah 6,38 gram/hari. Sebanyak 53,19% balita dengan status gizi baik memiliki asupan protein ikan yang tergolong baik dan terdapat 18,08% balita dengan gizi baik memiliki asupan protein ikan yang kurang. Balita yang asupan protein total baik (22,23 %) mempunyai status gizi baik. Tidak ada keterkaitan antara asupan protein ikan usia 1-5 tahun dengan status gizi (p=0,553; r=0,062). Simpulan : Tidak ada keterkaitan antara asupan protein ikan usia 1-5 tahun dengan status gizi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:ikan, status gizi, balita, asupan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:35838
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:21 Jul 2012 11:21
Last Modified:21 Jul 2012 11:21

Repository Staff Only: item control page