Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Kabupaten Batang (Studi Kasus Desa Sodong Kec. Wonotunggal dan Desa Mojotengah Kec. Reban)

Beata, Ratnawati (2012) Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Kabupaten Batang (Studi Kasus Desa Sodong Kec. Wonotunggal dan Desa Mojotengah Kec. Reban). Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan Undip.

[img]
Preview
PDF
108Kb

Abstract

ABSTRAK Kurangnya sarana air bersih dan sanitasi terutama di daerah pedesaan memicu adanya pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan PAMSIMAS, sehingga bangunan yang dibuat dalam program ini diharapkan tidak hanya menjadi monument program saja tetapi dapat berguna untuk kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan melalui PAMSIMAS yang ada di Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal dan Desa Mojotengah Kecamatan Reban yang ada di Kabupaten Batang. Menggunakan fenomena penelitian tingkat partisipasi masyarakat dengan menggunakan lima indikator yaitu prakarsa, pembiayaan, pengambilan keputusan, mobilitas tenaga, dan penyelesaian masalah. Tingkat partisipasi masyarakat yang diteliti dibandingkan dengan teori Arnstein dan dianalisis dengan analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat di Desa Sodong lebih besar dibanding masyarakat di Desa Mojotengah. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama masyarakat mulai dari perencanaan, pembiayaan, dan pelaksanaan kegiatan. Masyarakat menentukan sendiri perencanaan kegiatan yang akan dilakukan. Pembiayaan untuk pelaksanaan kegiatan dan operasional juga berasal dari masyarakat. Selain itu, masyarakat secara kerja bakti membangun dan merawat sarana sanitasi dan sambungan air di Desa Sodong. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh rekomendasi tentang perlunya evaluasi pelaksanaan Program PAMSIMAS yang telah dilaksanakan. Kata kunci : Tingkat partisipasi masyarakat,PAMSIMAS, Desa Sodong, Desa Mojotengah

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:35835
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:20 Jul 2012 15:19
Last Modified:20 Jul 2012 15:19

Repository Staff Only: item control page