PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM RELOKASI PEMUKIMAN PEDUDUK PASCA BANJIR TAHUN 2007 (STUDI RELOKASI PEMUKIMAN BANTARAN BENGAWAN SOLO DI KELURAHAN SEMANGGI KOTA SURAKARTA)

PERMATASARI, CITRA (2012) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM RELOKASI PEMUKIMAN PEDUDUK PASCA BANJIR TAHUN 2007 (STUDI RELOKASI PEMUKIMAN BANTARAN BENGAWAN SOLO DI KELURAHAN SEMANGGI KOTA SURAKARTA). Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF
68Kb

Abstract

Masyarakat merupakan salah satu unsur dalam sebuah negara maupun pemerintahan yang sangat penting. Pembangunan yang berhasil yaitu pembangunan yang mengikut sertakan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan monitoring.Pemerintahan yang baik yaitu ketika suatu pemerintahan mampu merangkul masyarakatnya dalam setiap pembangunan sehingga legitimasi masyarakat untuk pemerintah juga semakin besar dan kuat. Pembanguan di kota Surakarta belakangan ini melibatkan masyarakat dalam setiap pembangunan, salah satunya relokasi pemukiman penduduk bantaran sungai bengawan solo. Tujuan penelitian untuk menggambarkan partisipasi masyarakat dalam kebijakan relokasi pemukiman penduduk di Kota Surakarta. Selain itu, juga untuk menjelaskan proses relokasi yang melibatkan masyarakat serta fenomena-fenomena di masyarakat yang mewarnai proses relokasi tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan analitis. Pembahasan dilakukan dengan menggambarkan pelaksanaan Relokasi Pemukiman Penduduk Pasca Banjir tahun 2007 di kota Surakarta dengan melibatkan Partisipasi masyarakat, faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan relokasi, serta keberhasilan dari relokasi tersebut. Pada penelitian ini terdapat tahap-tahap partisipasi masyarakat yaitu perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, eavaluasi dan monitoring. Tahap-tahap partisipasi masyarakat digunakan untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan melalui wawancara mendalam dan observasi ke lapangan.Hasil penelitian menunjukkan adanya partisipasi warga masyarakat dalam relokasi pemukiman penduduk bantaran sungai bengawan solo di beberapa wilayah. Namunpartisipasi tersebut hanya pada proses awalnya saja tidak sampai pada monitoring danevaluasi. Keberhasilan relokasi tersebut juga berkat legitimasi dari masyarakat sendiri.Masih ada juga masyarakat yang belum mau direlokasi dengan alasan ekonomi sehinggasampai sekarang masih ada warga yang belum mau direlokasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:35808
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:19 Jul 2012 09:45
Last Modified:19 Jul 2012 09:45

Repository Staff Only: item control page