PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG (STUDI TENTANG PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR : 19 C TAHUN 2009)

SETYAWAN, ARI (2011) PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG (STUDI TENTANG PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR : 19 C TAHUN 2009). Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF
66Kb

Abstract

RSUD Kota Semarang sebagai pemberian pelayanan kesehatan non-profit kepada masyarakat sering dijadikan pilihan bagi warga Kota Semarang dan sekitarnya dengan kemampuan ekonomi menengah kebawah. Sayangnya, bukan memberikan pelayanan yang berkualitas untuk memenuhi harapan warga masyarakat pengguna layanan kesehatan di RSUD Kota Semarang tapi justru mengecewakannya. Dalam hal ini perlunya dilaksanakannya SPM RSUD Kota Semarang, agar mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau serta menciptakan kepercayaan masyarakat melalui pelaksanaan pelayanan unggulan. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian gabungan (Mixed Methods) antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menganalisa bagaimana pelaksanaan SPM RSUD Kota Semarang, dengan mengambil sampel di RSUD Kota Semarang. Pelaksanaan SPM RSUD Semarang pada kenyataannya ada pelayanan yang kesesuaiannya sangat tinggi atau sesuai dengan SPM RSUD Kota Semarang dan ada juga pelayanan yang kesesuaiannya sangat rendah. Pelayanan yang kesesuaiannya sangat rendah adalah waktu tanggap pelayanan dokter di gawat darurat, waktu tunggu untuk mendapat pelayanan kesehatan di rawat jalan, waktu tunggu untuk mengetahui hasil pelayanan laboratorium maksimal, waktu tunggu pelayanan untuk obat, jam buka pelayanan kesehatan di rawat jalan serta jam visite dokter spesialis adalah harus tepat. Rekomendasi bagi RSUD Kota Semarang seharusnya dengan menanamkan dan meningkatkan komitmen untuk menjalankan SPM RSUD Kota Semarang dengan cara memberikan reward and punishment, serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana rumah sakit. Kata Kunci : Pelayanan, RSUD Kota Semarang, SPM

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:35735
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:16 Jul 2012 13:44
Last Modified:16 Jul 2012 13:44

Repository Staff Only: item control page