EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) GUNA MENUNTASKAN PROGRAM WAJIB BELAJAR TAHUN (STUDI KASUS DI KABUPATEN DEMAK PERIODE 2008-2010)

DHETA SAFITRI, AMANDA (2012) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) GUNA MENUNTASKAN PROGRAM WAJIB BELAJAR TAHUN (STUDI KASUS DI KABUPATEN DEMAK PERIODE 2008-2010). Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF
61Kb

Abstract

Untuk mewujudkan wajib belajar 9 tahun pemerintah mencanangkan program BOS (Bantuan Operasional Sekolah), program BOS diberikan dengan maksud untuk mengurangi beban masyarakat, khususnya masyarakat miskin/tidak mampu agar mereka dapat memperoleh layanan pendidikan yang memadai dan bermutu, namun kenyataanya program ini belum dapat menjangkau semua kalangan siswa tidak mampu. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program BOS di Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara pengamatan atau obervasi yang didukung dengan hasil wawancara dari narasumber yang berkaitan dengan program BOS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan penggunaan dana BOS yang tidak tepat sasaran karena pada kenyataannya prosentase terbanyak dana BOS digunakan untuk belanja pegawai dan belanja barang dan jasa. Sedangkan masyarakat yang membutuhkan bantuan dana sekolah kurang terjangkau bantuan. Selama periode 3 tahun tersebut, dana penggunaan dana BOS semakin meningkat. Penelitian menunjukkan dana BOS belum menjangkau seluruh siswa SD/SMP khususnya siswa tidak mampu. Searah dengan tujuan utama program BOS, hendaknya pemanfaatan dana BOS benar-benar diarahkan untuk meringankan beban siswa tidak mampu dan prosentase perbandingan antara penggunaan dana secara langsung untuk siswa dan pembelian alat belajar mengajar sebagai sarana di sekolah agar lebih efektif dan tepat sasaran. Kata kunci : Evaluasi, BOS, Wajib Belajar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:35730
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:16 Jul 2012 11:09
Last Modified:16 Jul 2012 11:09

Repository Staff Only: item control page