KAJIAN PELAYANAN RUTE ANGKUTAN UMUM DI KOTA PALEMBANG

ARIF, FIRGANI (2009) KAJIAN PELAYANAN RUTE ANGKUTAN UMUM DI KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Official URL: http://mpwk.undip.ac.id

Abstract

ABSTRAK Perkembangan kota akan terus meningkat sejalan dengan perkembangan jumlah dan aktivitas penduduk dimana semakin beragamnya akivitas penduduk suatu kota semakin cepat pula kota itu berkembang. Perkembangan kota pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya perubahan struktur ruang perkotaan seiring dengan bertambahnya aktivitas penduduk. Kota Palembang merupakan suatu kota yang memiliki tingkat pertumbuhan ruang yang cukup tinggi, Tingginya tingkat pertumbuhan tersebut karena Kota Palembang berfungsi juga sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan yang berperan sebagai pusat pelayanan pemerintahan, baik pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan maupun pemerintahan Kota Palembang. Dalam skala regional, Kota Palembang berperan sebagai pusat kegiatan perekonomian kota-kota yang ada di daerah belakang (hinterland), disamping itu juga berperan untuk menciptakan dinamisasi kegiatan ekonomi dan keseimbangan perkembangan dengan kota-kota di luar Provinsi Sumatera Selatan. Kondisi eksisting kota Palembang menunjukkan masih ada beberapa kawasan yang bermasalah dengan pelayanan Angkutan Umum (AU), seperti belum terlayaninya beberapa bagian kawasan oleh angkutun umum, kurang asessibelnya rute-rute yang ada terhadap zona-zona tujuan sehingga diperlukan pergantian/perpindahan moda angkutan yang pada akhirnya akan meningkatkan biaya perjalanan menuju ke tempat tujuan, dan kurang asesibelnya lintasan rute dari tempat tinggal sehingga seseorang harus menempuh jarak yang agak jauh menuju ke lintasan rute yang berakibat kaum captive terpaksa harus terlebih dahulu naik kendaraan-kendaraan sewa (seperti ojek, becak, dll). Untuk mengetahui sejauh mana pelayanan AU di Kota Palembang dalam melayani kebutuhan akan pergerakan antar kawasan dalam kota Palembang, dilakukan penelitian untuk mengkaji pelayanan rute AU dalam kaitannya dengan permintaan akan AU di Kota Palembang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksploratif dan deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian survey melalui wawancara rumah tangga (home interview) untuk mendapatkan informasi sosial ekonomi keluarga dan perjalanan yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Data primer dan data sekunder diolah dengan menggunakan metode analisis gabungan kuantitatif dan kualitatif melalui alat analisis statistik dan non statistik. Analisis dilakukan terhadap potensi pergerakan, karakteristik permintaan angkutan umum, jaringan jalan dan pelayanan AU yang menyangkut jangkauan pelayanan (coverage area), perpindahan angkutan dan aksesibilitas. Dari analisis diketahui bahwa pelayanan rute angkutan umum di Kota Palembang belum optimal dan menjangkau seluruh wilayah kota hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa bagian kawasan yang belum terlayani, tingginya masyarakat dalam penggunaan kendaraan-kendaraan sewa. Dari luasan wilayah yang ada di Kota Palembang, 78,63% belum terlayani oleh lintasan rute angkutan umum dan 37,25% dari kawasan permukiman belum terlayani oleh angkutan umum. Secara umum sarana AU yang paling banyak digunakan adalah angkutan kota/angkot (58,77%). Pengguna AU mayoritas golongan usia 5-19 tahun (51,56%) yaitu dari kalangan pelajar/mahasiswa (59,80%) dengan maksud perjalanan yang paling dominan adalah untuk sekolah/kuliah. Zona tarikan perjalanan terbesar dengan menggunakan AU adalah zona 1 (61,63%) dimana terletak pusat kota, sedangkan zona bangkitan perjalanan terbesar adalah zona 1 (44,51%). Lintasan rute AU sebagian besar melintasi ruas jalan-jalan utama di Kota Palembang yaitu sebesar 40,19% dengan kondisi jalan 5,78% melintasi ruas jalan dengan kondisi yang jelek. Zona dengan persentase pencapaian dengan berjalan kaki terendah ke lintasan rute AU adalah zona 7, zona 8, zona 6 dan zona 5, sedangkan zona dengan persentase pencapaian lintasan rute dengan berjalan kaki tertinggi ke lintasan rute AU adalah zona 10. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa perkembangan Kota Palembang yang cendrung mengarah pada pola leap frog development, berimplikasi pada sulitnya dalam memenuhi kebutuhan akan pelayanan AU hal ini dapat dilihat pada beberapa kawasan yang belum terlayani AU dalam memenuhi kebutuhan pergerakan antar kawasan dalam Kota Palembang. Hasil penelitian merekomendasikan untuk melakukan modifikasi terhadap rute trayek AU pada beberapa kawasan sehingga menjangkau kawasan-kawasan pinggiran kota yang membutuhkannya serta aksesibilitas terhadap lintasan rute AU dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Perkembangan Kota Palembang, Potensi Pergerakan, Pelayanan Rute.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:3568
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jan 2010 21:32
Last Modified:09 Feb 2010 10:11

Repository Staff Only: item control page