hubungan antara stres dengan kejadian dismenore primer (studi kasus pada mahasiswi fakultas psikologi universitas diponegoro)

FITRIYAH, YULI (2009) hubungan antara stres dengan kejadian dismenore primer (studi kasus pada mahasiswi fakultas psikologi universitas diponegoro). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

dismenore primer adalah nyeri menstruasi yang terjadi tanpa adanya kelainan ginekologik yang nyata. dismenoer primer terjadi beberapa waktu setelah menarche, umumnya sesudah 12 bulan atau lebih. angka kejadian dismenore tipe primer di indonesia adalah 54,89%. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara stres dengan kejadian dismenore primer. penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory survey dengan rancangan pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi prospektif. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi fakultas psikologi semester II universitas diponegoro semarang dengan jumlah total 160 orang, sampel diambil dengan metode consecutive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 32 responden.pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan mengukur tingkat keasaman air ludah responden. analisis data menggunakan uji korelasi kontingensi dengan taraf signifikansi 95%. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 76,0% dari sampel mempunyai kategori cenderung mengalami stres berat dan mengalami dismenore primer. dari uji statistik risk estimate didapat R= 2,167 dengan niali p=0,001. dengan demikian, responden dengan kategori cenderung mengalami stres berat mempunyai risiko 2 kali (RR=2,167; CI = 95% 1,204 - 3,898) lebih besar untuk mengalami dismenore primer jika dibandingkan dengan responden yang cenderung mengalami stres ringan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:35418
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 Jun 2012 11:33
Last Modified:04 Jun 2012 11:33

Repository Staff Only: item control page