HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS PADA SISWA SMK DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN. (STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA)

MUHLISIN, MUHLISIN (2009) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS PADA SISWA SMK DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN. (STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Remaja merupakan keklompok usia tinggi penularan HIV/AIDS. hal ini disebabkan pada masa remaja terjadi krisis identitas dimana pengaruh teman sebaya lebih besar dari pada pengaruh keluarga. pencarian identitas ini mempengaruhi perilaku remaja. dalam rangka upaya penanggulangan HIV/AIDS perlu diperoleh informasi mengenai perilaku dan kepedulian masyarakat tentang HIV/AIDS khususnya pada remaja. tujuan penelitian ini mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap siswa SMK tentang HIV/AIDS dengan praktik pencegahannya. metode penelitian ini survey dengan pendekatan cross sectional. pengumpulan data wawancara menggunakan kuesionar. populasi penelitian ini semua siswa kelas II SMK Muhammadiyah Salatiga sebanyak 290 siswa. sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 158 siswa.analisa data menggunakan uji rank spearman. hasil uji statistik : tidak ada hubungan pengetahuan dengan sikap (p-value=0,361), ada hubungan pengetahuan dengan praktik pencegahan (p-value=0,000) dan ada hubungan sikap dengan praktik pencegahan (p-value=0,001) untuk meningkatkan pengetahuan,sikap dan praktik pencegahan pada siswa SMK Muhammadiyah Salatiga maka perlu adanya penyuluhan tentang pengertian HIV, gejala AIDS dan cara pencegahan HIV/AIDS dari petugas kesehatan dan juga pemberian informasi tentang HIV/AIDS dari pihak sekolah. Kata Kunci: Pengetahuan,sikap, praktik pencegahan siswa,HIV/AIDS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:35330
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 May 2012 13:55
Last Modified:23 May 2012 13:55

Repository Staff Only: item control page