USULAN PENGGUNAAN METODE GOAL PROGRAMMING UNTUK PENENTUAN KOMBINASI JUMLAH PRODUKSI YANG OPTIMAL

SETIAWAN, TIMOTIUS (2007) USULAN PENGGUNAAN METODE GOAL PROGRAMMING UNTUK PENENTUAN KOMBINASI JUMLAH PRODUKSI YANG OPTIMAL. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT Ulam Tiba Halim adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan minuman serbuk sachet sejak tahun 1995. Produk utamanya adalah Marimas yang memiliki 17 varian rasa. Dalam perencanaan produksinya, perusahaan hanya mempertimbangkan permintaan dan kapasitas yang ada. Padahal perusahaan memiliki sasaran-sasaran lain, seperti pemenuhan target pedapatan, minimasi biaya produksi, minimasi biaya kualitas, minimasi biaya simpan, maksimasi utilisasi kapasitas, dan minimasi lembur. Sasaran- sasaran ini seharusnya perlu dipertimbangkan pula dalam perencanaan produksi. Menurut Chowdari dan Slomp (1995), terdapat tiga elemen penting yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan produksi, yaitu: pelanggan, produk/pasar, dan manufaktur. Goal Programming adalah salah satu metode pengambilan keputusan yang melibatkan banyak kriteria/goal yang saling konflik. Metode ini telah banyak digunakan untuk pemecahan masalah multi kriteria di banyak bidang. Dalam penelitian ini, metode Goal Programming akan dicoba untuk diterapkan dalam penentuan kombinasi jumlah produk yang mempertimbangkan banyak goal atau sasaran perusahaan di atas, yaitu pemenuhan permintaan, pemenuhan target pendapatan, minimasi biaya kualitas, minimasi, minimasi biaya produksi, minimasi biaya simpan, dan utilisasi kapasitas. Penelitian dilakukan dengan memakai dua skenario yang berbeda dalam hal struktur prioritas. Perhitungan Goal Programming dilakukan dengan menggunakan Program Quantitative System (QS). Dari hasil perhitungan untuk bulan Agustus 2007 diperoleh bahwa baik solusi optimal skenario 1 maupun skenario 2 memberikan biaya kualitas dan biaya produksi yang lebih kecil dibandingkan rencana produksi dengan berdasarkan permintaan. Beberapa penyimpangan juga terjadi namun masih berada dalam rentang yang diijinkan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perencanaan produksi, permasalahan multi kriteria, Goal Programming, Quantitative System, solusi optimal.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:35323
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2013 20:53
Last Modified:06 May 2013 20:53

Repository Staff Only: item control page