PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE PADA PROSES CUTTING UNTUK MENGURANGI BAHAYA KECELAKAAN KERJA

WIDIASTUTI, SISKA AFIDA (2007) PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE PADA PROSES CUTTING UNTUK MENGURANGI BAHAYA KECELAKAAN KERJA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

CV. Karya Mina Putra merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri kayu. Hasil olahan yang diproduksi berupa bahan baku kayu berprofil yang diekspor ke luar negeri. Dari semua stasiun produksi di CV Karya Mina Putra, bagian cutting merupakan stasiun produksi yang banyak terjadi kecelakaan kerja. Dari hasil wawancara dan kuesioner, stasiun produksi yang sebagian besar operatornya adalah wanita ini mengeluhkan nyeri pada bagian bahu, punggung, kaki, dan tangan. Kecelakaan yang sering terjadi adalah kejatuhan kayu, tangan terjepit kayu, tangan tertusuk serat kayu, jatuh terkilir bahkan sampai jari terpotong oleh mesin cutting. Dengan adanya bahaya kecelakaan kerja yang terjadi, maka analis mencoba untuk menganalisis bahaya dan peluang bahaya serta memberikan usulan untuk mengurangi bahaya tersebut. Untuk menganalisis bahaya yang terjadi, analis menggunakan 2 metode yaitu metode OWAS (Ovako Working Posture Analyzing System) dan metode JSA (Job Safety Analysis). Metode OWAS digunakan untuk mengukur tingkat bahaya postur operator. Sedangkan metode JSA digunakan untuk menganalisis bahaya serta peluang bahaya yang terjadi selama proses cutting. Dari dua metode yang digunakan selanjutnya dibuat dasar untuk merancang SOP (Standard Operating procedure) untuk proses cutting. SOP ini merupakan prosedur kerja yang harus dilakukan oleh operator selama proses cutting. Dengan adanya SOP diharapkan bahaya kecelakaan kerja dapat terkurangi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Proses cutting, kecelakaan kerja, ovako working posture analyzing system(owas), job safety analysis (JSA), standard operating procedure (SOP)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:35314
Deposited By:Mr/Ms teknik industri
Deposited On:07 May 2013 19:00
Last Modified:07 May 2013 19:00

Repository Staff Only: item control page