PERBEDAAN JUMLAH TOTAL KUMAN (TPC) PADA SUSU SAPI HASIL PEMERAHAN PAGI HARI DAN SORE HARI (STUDI DI DESA SUKORAME, KECAMATAN MUSUK, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010)

FAHYUDI, JOHAN (2010) PERBEDAAN JUMLAH TOTAL KUMAN (TPC) PADA SUSU SAPI HASIL PEMERAHAN PAGI HARI DAN SORE HARI (STUDI DI DESA SUKORAME, KECAMATAN MUSUK, KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Susu sapi merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. kualitas susu sapi dipengaruhi oleh banyak faktor, yang salah satunya adalah terkait prosedur pemerahannya. Jika prossedur pemerahannya tidak dilakukan dengan baik, maka susu sapi akan terkontaminasi oleh banyak bakteri. Disamping itu, waktu pemerahan juga dapat mempengaruhi terhadap kualitas susu sapi yang dihasilkan. Pemerahan pagi hari yang jumlah produksinya lebih banyak daripada pemerahan sore hari, ternyata jumlah total kuman (TPC) pemerahan pagi hari lebih tinggi daripada pemerahan sore hari. Hal ini disebabkan peternak kurang memperhatikan higiene pemerah dan sanitasi kandangnya sebelum melakukan proses pemerahan. Akibatnya, susu sapi hasil pemerahan pagi hari dan sore haripun harga jualnya berbeda. Dari masalah ini, maka penulis mencoba melakukan penelitian mengenai perbedaan jumlah total kuman(TPC) pada susu sapi hasil pemerahan pagi hari dan sore hari. Penelitian ini termasuk penelitian Explanatory dengan pendekatan Cross Sectional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah waktu pemerahan, sanitasi kandang, sanitasi alat, higiene pemerah dan kebersihan sapi.Sedangkan variabel terikatnya adalah perbedaan jumalh total kuman (TPC) pada susu sapi hasil pemerahan pagi hari dan sore hari. Uji statistik yang digunakan uji wilcoxon untuk mengetahui perbedaan jumlah total kuman pada pemerahan pagi dan sore dengan derajat kepercayaan 95%. Berdasarkan penelitian dan analisis data, daapt disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara jumlah total kuman pada susu hasil pemerahan pagi dan sore. di sarankan kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan higiene pemerah dan sanitasi kandangnya sebelum melakukan pemerahan, baik pada proses pemerahan pagi maupun sore hari Kata Kunci: jumlah kuman, susu sapi, pagi dan sore

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:35273
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 May 2012 11:24
Last Modified:16 May 2012 11:24

Repository Staff Only: item control page