ANALISIS HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KESEMBUHAN PENDERITA KUSTA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS KUNDURAN DAN DI PUSKESMAS BANJAREJO KABUPATEN BLORA)

AGUSTINA, FENTY ANGGIRIAWATI (2010) ANALISIS HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KESEMBUHAN PENDERITA KUSTA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS KUNDURAN DAN DI PUSKESMAS BANJAREJO KABUPATEN BLORA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kusta merupakan masalah kesehatan din Indonesia dengan prevalensi rate yang masih tinggi. Upaya peningkatan keberhasilan dalam pengobatan kusta sangat penting dilakukan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya penularan. Puskesmas Kunduran dan Puskesmas Banjarejo, Kabupaten Blora merupakan puskesmas yang mempunyai jumlah pasien kusrta yang cukup tinggi, dimana Puskesmas Kunduran berhasil mencapai target kesembuhan yaitu lebih dari 85% pasien kusta MB sembuh dan lebih dari 95% kusta PB sembuh, sedangkan Puskesmas Banjarejo masih dibawah target. Tujuan dari penelitian ini adalah manganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kesembuhan penderita kusta di Puskeamas Kunduran dan Puskesmas Banjarejo, Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pedekatan cross sectional . Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 orang. analisis data dilakukan dengan uji chi square (x2). hHasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara keteraturan pengobatan dengan kesembuhan penderita kusta (p = 0,024), sedangkan faktor lain seperti umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat perekonomian, tingkat pengetahuan, peran keluarga, peran petugas kesehatan, dan efek samping dalam pengobatan tidak berhubungan dengan kesembuhan penderita kusta. disarankan kepada keluarga penderita selaku orang terdekat dan dipercaya diharapkan tetap mengawasi agar penderita teratur dalam minum obat serta memberikan dukungan, perhatian dan hendaknya tidak mengucilkan penderita. Kata Kunci: Kesembuhan kusta, keteraturan pengobatan, penderita kusta

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:35269
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 May 2012 10:18
Last Modified:16 May 2012 10:18

Repository Staff Only: item control page